2017, Pemkot Arahkan Pengembangan Infrastruktur Muara Tami

Share it:
Nofdi J. Rampi
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura di tahun 2017 mendatang, akan mengarahkan pengembangan Distrik Muara Tami khususnya dalam pembangunan infrastruktur bagi hunian masyarakat.

Rencana tersebut seiring dengan pesatnya pembangunan dan juga kepadatan penduduk di empat distrik lainnya masing-masing Distrik Jayapura Selatan, Jayapura Utara, Abepura dan Distrik Heram.

Demikian penjelasan yang disampaikan Kepala Dinas PU Kota, Nofdi J. Rampi, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin(23/5).

“Distrik Muara Tami akan dijadikan daerah pengembangan bagi hunian masyarakat sehingga ke depannya harus di tata dari sisi infrastruktur. Penataan sisi infrastruktur sendiri tidak akan lari dari pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Nofdi, pengerjaan jembatan Hamadi - Holtekamp sementara berlangsung dan di proyeksikan akan rampung 2017 – 2018.

“Dan apabila jembatan ini selesai tepat pada jadwal yang sudah di tentukan maka urbanisasi penduduk akan lebih cepat bergerak ke Distrik Muara Tami,” lanjutnya.

Karena itu, pemenuhan kebutuhan dasar infrastruktur sudah harus di lakukan dari sekarang.

“Dan sesuai konsep Dinas PU kota Jayapura selain kami menata infrastruktur jalan, kami juga akan menata infrastruktur perumahan, air bersih, infrastruktur sanitasi. Intinya konsep kami ini adalah bagaimana agar Distrik Muara Tami yang menjadi beranda terdepan harus di lihat baik,” cetusnya.

Nofdi menambahkan, Distrik Muara Tami akan menjadi konsep pembangunan infrastruktur yang modern karena penataannya lebih bagus dan tingkat hunian masyarakat masih jauh juga lokasinya datar.

“Tetapi juga harus diantisipasi karena daerah datar itu selalu tidak lepas dari luapan air ketika hujan. Sehingga, akan kami tata dengan sebaik mungkin,” tandasnya.

Nofdi meyakini, jika Distrik Muara Tami bertumbuh dan berkembang pesat menjadi kota metropolitan, maka segala penataan infrastruktur jalan itu akan jauh lebih baik dan berbeda dari kota yang sekarang lagi berkembang.

Diakuinya pula, penataan Distrik Muara Tami sudah berjalan tetapi karena kemampuan APBD Kota Jayapura  yang sangat terbatas sehingga pihaknya selalu bekerja sama dengan Kementrian PU dalam rangka percepatan.

“Penyiapan infrastruktur dasar pemukiman itu harus berjalan secara pararel dengan kemampuan APBD kita,” akuinya.

Meski demikian, ditegaskan Nofdi, konsep pembangunan Distrik Muara Tami di bidang infrastruktur tersebut tidak akan meninggalkan jati diri distrik tersebut sebagai daerah pertanian

“Karena suka tidak suka, kebutuhan Kota Jayapura terhadap hasil pertanian disuplai dari Muara Tami, sehingga kita tidak menghilangkan ciri khas distrik itu sendiri,” tukasnya.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga