2017, Pendidikan SMA/SMK Jadi Tanggung Jawab Pemprov

Share it:
Kegiatan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak
Jujur (Gernas Manjur) dalam rangka Hari
Ulang Tahun Himpaudi ke XI
Jayapura, Dharapos.com
Tahun 2017 mendatang, pendidikan untuk tingkat SMA/SMK tidak lagi menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota namun diserahkan penanganannya oleh Pemerintah Provinsi.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat membuka secara resmi kegiatan Gerakan Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur) dalam rangka Hari Ulang Tahun Himpaudi ke XI, bertempat di gedung serbaguna Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (20/5).

Diakui Wali Kota, menurut pengamatannya penerapan kebijakan ini akan semakin sulit khususnya di Papua.

“Saya membayangkan bagaimana provinsi harus melayani hingga ke pedalaman-pedalaman untuk menjangkau SMA dan SMK,” bebernya.

Wali Kota kemudian membandingkan perbedaan yang mencolok antara kondisi di Papua dengan di pulau Jawa.

“Sekolah-sekolah di pulau Jawa bisa ditempuh melalui jalur darat sementara di Papua hal itu sangat sulit seperti sebagian wilayah di Pegunungan Tengah yang membutuhkan akses transportasi udara untuk menjangkaunya maupun ke kabupaten lainnya,” urainya.

Dan, bisa dipastikan pula besarnya anggaran yang harus dikucurkan Pemerintah untuk mendukung kebijakan tersebut.

“Sehingga hal ini harus mendapat dukungan dari Gubernur Papua dalam hal kebijakan otonomi khusus yang disesuaikan dengan kondisi wilayah Papua yang begitu luas,” sambungnya.

Meski, di sini lain, jelas Wali Kota, dengan demikian lebih mudah untuk mengurus PAUD, TK, SD dan SMP demi mempertahankan kualitas pendidikan di kota Jayapura.

Orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini juga berharap agar penyerahan SMA dan SMK ke Provinsi khususnya di Papua dapat tetap mempertahankan kualitas dan mutu tingkat pendidikan khususnya di kota Jayapura dengan dukungan sarana dan prasarana.

Lebih lanjut, jelas dia, pengembangan kemajuan kota Jayapura terus digenjot di segala bidang baik pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Dan kegiatan ini, sambung Wali Kota, merujuk pada program prioritas Pemerintah Kota Jayapura yaitu pendidikan untuk bagaimana mencerdaskan anak bangsa yang ada di kota Jayapura, mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK baik itu negeri maupun swasta.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga mengaku bangga dengan raihan prestasi selama 3 tahun berturut-turut dimana tingkat kelulusan untuk semua jenjang sekolah mencapai 100 persen dan keberhasilan ini merupakan dorongan dari orang tua/wali dari para siswa.

Hasil UN SMA dan SMK di tahun  2016 ini kembali mencapai kelulusan 100 persen dan diharapkan untuk tingkat SMP dan SD juga mencapai prosentase kelulusan yang sama.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga