Desa-desa Terpencil di Papua Butuh PLTMH dan PLTS

Share it:
Ir. Bangun Manurung
Jayapura, Dharapos.com
Desa-desa terpencil di seluruh Provinsi Papua sangat membutuhkan adanya fasilitas Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Hal tersebut diakui Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua, Ir. Bangun Manurung yang di temui sejumlah wartawan di Hotel Aston, Kamis (19/5).

Dikatakannya, PLTMH maupun PLTS merupakan bagian dari program prioritas Dinas ESDM Papua

“Tahun depan pembangkit listrik energi skala kecil baik itu PLTS dan PLTMH kami sudah fokuskan dan program-program apa saja yang kemungkinan besar akan di biayai melalui Dana Alokasi Khusus dari pusat,” terangnya.

Hal ini merujuk pada program khusus Presiden RI Joko Widodo yaitu program Indonesia Terang.

“Dan ternyata ada enam provinsi di kawasan Indonesia Timur yang elektrifikasi di kampung-kampung atau desa itu sangat rendah,” beber Kadis.

Di antara enam Provinsi sambung dia, Provinsi Papua termasuk salah satu di dalamnya dimana ada lebih dari 40 ribu kampung sama sekali belum teraliri listrik.

Tahun ini, untuk PLTMH, pihaknya hanya meneruskan program tahun lalu yang belum selesai dan program tersebut hanya berada di satu lokasi saja yaitu di Kabupaten Tolikara.

“Sehingga kami berharap di tahun-tahun depan ini menjadi fokus program utama kami dan juga kami berharap ada dana signifikan dari Pemerintah pusat dalam menangani PLTMH maupun PLTS,” tukas Kadis.

Disinggung soal pajak dari PT. Freeport, ia mengakui menurut adalah kelebihan 10 persen pajak dari perusahaan tambang asal AS tersebut.

“Undang-undang pajak kita 25 persen sementara di kontrak karya itu 35 persen sehingga ada kelebihan 10 persen dan itu masuk ke Pemerintah Pusat,” bebernya.

Dan diakuinya pula bahwa selama ini  Gubernur telah berusaha agar kelebihan pajak itu bisa di kembalikan ke daerah.

“Intinya, jangan lagi dikembalikan ke pusat agar supaya meningkatkan fisikal daerah,” cetusnya.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga