Kadisdik Kota: Jangan Alergi Terhadap Pers

Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd
Jayapura, Dharapos.com
Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiasa S.Pd MM.Pd mengingatkan kepala sekolah maupun guru agar`tidak alergi kepada insan pers.

Hal tersebut disampaikannya kepada wartawan seusai melepas peserta benchmarking SMA Mandala Trikora Jayapura, Sabtu (28/5).

“Pers merupakan sarana untuk menginformasikan setiap kegiatan atau program yang dilaksanakan di dalam dunia birokrasi, dan lebih khusus bagi sekolah-sekolah yang ada di kota Jayapura. Bagaimana publik bisa mengetahui perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan, dalam hal ini sekolah jika pihak sekolah sendiri alergi terhadap pers,” tutur Kadis.

Untuk itu, semua kepala sekolah baik di tingkat SD, SMP, SMA maupun SMK swasta maupun negeri harus bersahabat dengan pers dan tidak boleh alergi dengan para pemburu berita tersebut.

“Artinya setiap kegiatan apapun agar bisa mengundang pers untuk melakukan peliputan guna menyebarluaskan informasi yang terjadi pada setiap jenjang sekolah kepada publik,” dorong Kadis.

Semua program yang ada di satuan pendidikan masing-masing baik masyarakat, orang tua siswa, komite sekolah hingga peserta didik harus mengetahuinya secara transparan.

“Karena di daerah ini kita lebih dekat kepada akuntabilitas artinya pertanggungjawaban apapun lebih transparansi untuk saat ini,” sambungnya.

Apabila sekolah tidak lengket dengan media maka kegiatan apapun yang terjadi di sekolah tidak akan diketahui oleh masyarakat. Karena peran pers juga sangat dibutuhkan untuk memajukan satuan pendidikan tersebut.

Saat ini, lanjut mantan kepala SMA Negeri 4 Jayapura ini,  ibukota Provinsi Papua ini telah masuk ranah publikasi sehingga semua kegiatan harus diaplikasi lewat media baik media cetak maupun elektronik secara transparan.

“Dengan demikian semua kegiatan yang ada di sekolah harus diinformasikan di media setiap hari,” kembali dorongnya.

Jika media tidak dilibatkan untuk menginformasikan setiap kegiatan program di sekolah maka masyarakat pun  tidak akan mengetahui kegiatan yang terjadi di satuan pendidikan tersebut.

Putra asal Pulau Dewata Bali yang berprestasi dalam dunia pendidikan di kota Jayapura ini memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang setiap kegiatan khususnya penggunaan dana baik APBD dan APBN atau  bantuan dari donatur-donatur rutin memublikasikannya.

Sehingga masyarakat dengan jelas mengetahui perkembangan dunia pendidikan yang ada di kota Jayapura.
Olehnya itu, diharapkan kepada semua pemangku kepentingan pendidikan yang ada di kota Jayapura untuk selalu dekat dengan pers

Apabila ada sekolah-sekolah yang sering muncul di media Online, media cetak ataupun TV dan sebagian orang beranggapan bahwa itu hanya untuk cari muka, Kadis tegaskan bahwa pemikiran tersebut sangat keliru.

“Karena bagaimana kalau kegiatan sekolah tidak diangkat atau apa yang kita buat di sekolah maka otomatis publik sama sekali tidak mengetahui karena baik sisi negatif maupun sisi positif akan dinilai oleh publik sehingga fungsi pers bagi sekolah itu sangat penting,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga