Operasi Patuh 2016 di Polsek Abepura Jaring Puluhan Kendaraan Roda Dua

Share it:
Puluhan motor yang terjaring operasi patuh
2016 di Mapolsek Abepura
Jayapura, Dharapos.com
Kepolisian sektor (Polsek) Abepura berhasil menjaring puluhan kendaraan roda dua di hari kelima operasi patuh 2016 bertempat di depan Mapolsek Abepura, Kelurahan Kota Baru, Distrik Abepura, Senin (23/5).

Pelaksanaan sweeping kendaraan bermotor sejak pukul 08.45 - 09.30 WIT dalam rangka operasi patuh 2016 ini di pimpin langsung Kapolsek Abepura Kompol M.W. Asmuruf, S.Sos, MM didampingi Kanit Lantas Polsek Abepura, Iptu A.A Ngurah dan di bantu anggota Ditlantas Polda Papua.

Pelaksanaan operasi patuh selama 14 hari di jajaran kepolisian khususnya bagian lalu lintas dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang dimulai sejak 18 - 29 Mei mendatang.

“Kalau lantas Polsek Abepura sendiri sudah melaksanakan beberapa kegiatan sweeping dan telah dilakukan penindakan dan teguran kepada pelanggar lalu lintas,” kata Kapolsek Marthen Asmuruf saat ditemui Dharapos.com di ruangannya, Senin (23/5).

Lebih lanjut, kata Asmuruf, dalam operasi patuh 2016 ini polisi lalu lintas langsung melakukan tindakan di tempat bagi pelanggar yang tidak membawa kelengkapan motor seperti, SIM, STNK dan Helm.

“Operasi patuh itu karena sifatnya patuh jadi kita lebih banyak melakukan tindakan di bandingkan persuasif terhadap pelanggar baik roda dua maupun roda empat, dan kegiatan operasi patuh ini juga mengantisipasi tingginya angka kecelakaan menjelang bulan puasa 1437 Hijriah 2016,” jelasnya.

Hasil dari Operasi Patuh 2016 yang dilakukan Polsek Abepura terjaring sebanyak 23 pelanggar, dengan rincian pelanggaran antara lain, pengendara yang tidak menyalakan lampu sebanyak  8 pelanggar, tidak menggunakan helm 5 pelanggar, tidak membawa SIM Satu pelanggar, tidak dilengkapi STNK 9 pelanggar dan semua Pelanggar langsung di kenakan sanksi tilang.

Sementara dari pantauan di lapangan, saat operasi patuh 2016 di Polsek Abepura ini ada beberapa kendaraan yang mencurigakan sebagai motor hasil curian karena tidak ada plat nomor bahkan surat-surat kendaraan tidak ada.
           Petugas sementara mengidentifikasi
     pemilik kendaraan 

Lebih miris lagi, ada plat nomor modifikasi yang tidak ada nomor polisinya tapi hanya ada tulisan “Ata Ende” juga satu motor Satria yang tidak ada plat nomor polisi dan kunci motor namun kontak mesin dalam posisi hidup (on).

Puluhan kendaraan yang terjaring langsung diamankan di Mapolsek Abepura, sementara pengendara yang lupa membawa surat-surat kendaraan seperti, STNK dan SIM langsung di suruh pulang mengambil di rumah.

Kemudian kembali ke Mapolsek untuk mengambil motor dengan menunjukkan surat-surat kelengkapan kendaraan kepada petugas.

Sementara kendaraan yang bermasalah masih diamankan sambil menunggu pemilik kendaraan datang mengambil dengan membawa surat-surat kendaraan untuk dicocokkan terlebih dahulu sebelum diambil motornya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga