Pemkot Terus Dorong Profesionalisme Guru

Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota  terus mendorong motivasi, dedikasi dan loyalitas serta profesionalisme guru yang diharapkan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja para guru.

Salah satunya, dengan menggelar Lomba Seleksi Guru, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK dan Pengawas Berprestasi Tingkat Kota Jayapura tahun 2016

Lomba yang dilaksanakan di ruang pengawas Dinas Pendidikan Kota Jayapura, dibuka secara resmi oleh Kadisdik kota, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd, Rabu (25/5)

Lomba ini diikuti oleh guru sebanyak 10 orang dan pengawas sekolah sebanyak 8 orang dari tiap jenjang pendidikan yang dilaksanakan selama tiga hari.

Diawali dengan tahapan penilaian portofolio dan dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara.

Kadisdik Kota dalam sambutannya mengatakan tujuan terakhir dari seorang tenaga kependidikan adalah berprestasi.

Untuk itu, diharapkan semua guru yang diseleksi bisa lolos hingga ke tingkat nasional.

Lanjutnya, tahapan seleksi ini juga telah dilakukan melalui sekolah yaitu melalui portofolio dan hari ini merupakan seleksi terakhir yaitu tes wawancara.

Lomba ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Para peserta merupakan hasil yang telah diseleksi dari tingkat sekolah sehingga masih tersisa beberapa sekolah atau peserta yang akan diseleksi di tingkat kota Jayapura oleh Disdik.

“Diharapkan setiap jenjang ada pemenang karena yang nantinya akan dikirim ke tingkat provinsi hanya satu pemenang dari setiap jenjang.  Kemudian dari tingkat provinsi nantinya akan didorong ke tingkat nasional yaitu guru berprestasi dan guru berdedikasi,” cetusnya.

Dijelaskan Kadis, guru berdedikasi adalah mereka yang memiliki dedikasi yang luar biasa untuk bagaimana melayani peserta didik seperti di daerah perbatasan dan daerah terpencil.

Untuk kota Jayapura, guru dan pengawas bisa lebih banyak berperan mewakili daerah ini ke tingkat nasional.

“Sehingga benar-benar terjelma kota Jayapura sebagai barometer pendidikan di Papua bahkan bisa mewakili Provinsi Papua di tingkat nasional,” tandasnya.

Nantinya juga para peserta khusus yang mengikuti tes kepala sekolah dan akan dipromosikan untuk menjadi kepala sekolah di setiap jenjang untuk kriteria guru berprestasi yang telah memiliki empat kompentensi.

“Apabila empat kompetensi itu telah dimiliki maka para guru tersebut akan didorong untuk menjadi kepala sekolah,” tukas Kadis.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga