Pola Baru Penanggulangan HIV/AIDS diterapkan di Papua

Share it:
drh. Constan Karma
Jayapura, Dharapos.com
Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) telah meluncurkan pola baru New Funding Model dalam upaya penanggulan virus HIV/AIDS di Papua berupa dukungan dana dari Global Fund yang memberikan dampak lebih luas.

Sekretaris KPA Papua, drh. Constan Karma menjelaskan, pihaknya berkomitmen dengan pola baru New Funding Model yang telah diluncurkan untuk  menemukan keberhasilan upaya penanggulangan, mempertahankan, memperbaiki, dan membuat strategi baru dalam penanggulangan HIV dan AIDS.

“Jadi, New Funding Model diluncurkan dengan maksud untuk memberikan dampak yang lebih luas, dengan hasil yang lebih dapat dipertanggung jawabkan,” jelasnya kepada wartawan di Jayapura belum lama ini.

Dengan New Funding Model ini, lanjut Karma, KPA tiap Provinsi diminta untuk mencegah dan menanggulangi HIV. Karena ada target tinggi yang diharapkan melalui pendanaan ini.

“KPA  akan terus mengupayakan penanggulangan dengan berusaha secepat mungkin menemukan penderita positif HIV di Papua,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Karma, KPA bekerjasama dengan Global Fund (GF) sudah berlangsung selama satu tahun.

“Jadi pelatihan ini dilakukan untuk SR (Sub Recient,red) Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dan implementing unit dari 4 Provinsi bersama dengan KPA Provinsi hadir di Jayapura untuk membahas ini,” bebernya.

Mantan Sekda Papua ini menambahkan, KPA Papua juga menggunakan pola peer educator atau pendamping sebaya untuk bisa menjangkau Pekerja Seks Komersil (PSK) dalam penanggulan HIV/AIDS.

Sementara itu, Sekretaris KPA Nasional, Dr. Kemal N. Siregar meyakini bahwa langka-langka pencegahan  dan penanggulangan HIV-AIDS yang dilakukan selama ini oleh Constant Karma dan KPA Papua sudah on the track.

Tinggal bagaimana mendorong semua pihak untuk peduli terhadap pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS.

Hadir dalam ini, Sekretaris KPA Nasional, Dr. Kemal dan 9 pelatih dari KPA Nasional.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga