Polres Jayapura Kota Bubar Paksa Aksi Demo SM3P

Share it:
Aparat kepolisian Polres Jayapura Kota
saat mengamankan pendemo SM3P
Jayapura, Dharapos.com
Kepolisian Resort Jayapura Kota akhirnya membubarkan paksa aksi demo Solidaritas Mahasiswa Peduli Pendidikan Papua (SM3P) di depan SLTP Paulus Jalan Raya Abepura Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Pembubaran paksa massa demo pimpinan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Uncen, Yali Wenda ini saat melakukan longmarch dari kampus Uncen atas Perumnas III Waena  menuju kampus Uncen bawah Abepura yang menuntut penerimaan SBMPTN memprioritaskan orang asli papua dengan ketentuan 80 persen OAP dan 20 persen non Papua.

Kapolsek Abepura, Kompol Marthen Asmuruf mengatakan, Kaur Shabara Polres Jayapura Kota IPTU. Musa Rumbiak memimpin dua Pleton Dalmas Polres Jayapura Kota dan 1 regu Personil Polsek Abepura melakukan pembubaran paksa dan mengamankan massa pendemo serta di bawa ke Polres Jayapura Kota dengan menggunakan dua unit truck Dalmas Polres Jayapura serta  satu unit mobil Patroli Polsek Abepura.

“Polisi juga mengamankan Yali Wenda, Ketua BEM Fisip Uncen, Gerson Miran, Ketua DPM Fisip Uncen dan Paulus Magai, Ketua BEM Teknik Uncen,” jelasnya.

Kapolsek menuturkan, pukul 09.35 Wit, Solidaritas Peduli Pendidikan Papua yang dipimpin Ketua BEM Fisip Uncen Yali Wenda melakukan penggalangan massa dengan cara melakukan orasi yang intinya meminta kepada Rektor Uncen segera menyelesaikan masalah internal kampus.

“Jadi, kami minta Rektor Uncen harus dengan cepat melakukan revisi ulang tentang penerimaan mahasiswa baru. Apabila tidak diindahkan maka kami akan melakukan aksi ini terus-menerus dan rektor harus turun dari jabatan karena tidak mampu memimpin kampus Uncen,” ancamnya dalam orasi sebelum diamankan Polisi.

Dari pantauan di lapangan, sekitar pukul 10.35 WIT dua peleton Anggota Dalmas Polres Jayapura Kota yang dipimpin IPTU Musa Rumbiak tiba di Uncen Atas Perumnas III Waena.

Kemudian massa aksi SM3P yang berjumlah lebih kurang 30 orang dipimpin Ketua BEM Fakultas Teknik Uncen Paulus Magai melakukan long march ke arah Kampus Uncen Bawah Abepura.

“Massa demo S3MP tiba di depan SLTP Paulus Padang Bulan selanjutnya di hadang 2 peleton Dalmas Polres Jayapura Kota dan langsung di bubar paksa serta mengamankan massa pendemo kemudian dibawa ke Polres Jayapura Kota untuk dimintai keterangan terkait aksi demo tersebut,” kata Kapolsek.
Meski demikian, situasi kamtibmas di wilayah Abepura dan sekitarnya aman dan terkendali.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga