Prof. Endang Apresiasi Kolaborasi Tarian Penjemputan Tamu

Share it:
Prof. Dr. Endang Caturwati, MS
Jayapura, Dharapos.com
Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Prof. Dr. Endang Caturwati, MS, memberikan apresiasi dan rasa kagum atas kolaborasi tarian  penjemputan tamu yang merupakan tarian khas adat Port Numbay

"Saya melihat tari-tarian dari Port Numbay sangat unik dan ini perlu dilestarikan serta dikembangkan, “ ungkapnya pada acara peresmian Laboratorium Kesenian dan Film SMA Negeri 5 Jayapura, Selasa (31/5).

Untuk itu, Prof Endang meminta jika memungkinkan agar dibuatkan komposisi-komposisi yang baru.

“Saya kagum sekali, karena Tari-tarian ini,sangat indah hanya saja ke depan untuk tarian penyambutan tamu harus banyak formasinya karena ini berhubungan dengan masalah komposisi desain lantai,” dorongnya.

Prof Endang yakin bahwa hal tersebut bisa dilakukan karena justru keunikan peserta tari dari daerah Papua yaitu dikaki.

“Keunikan ini tidak dipunyai oleh daerah lain, sehingga harus dikembangkan, dilestarikan bahkan  ke depan harus ada komposisi-komposisi yang lebih unik,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, beberapa festival seni dari daerah Papua selalu menjadi yang terbaik khususnya dalam keunikannya yang luar biasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota I Wayan Mudiyasa, S.Pd, MM.Pd juga menambahkan untuk menggunakan tarian kolaborasi terutama tarian Port Numbay harus memohon izin terlebih dulu dari  tua tua adat.
Para penari ssehat menampilkan salah satu
tarian penyambutan tamu

Dalam pelestarian budaya Port Numbay khusus tari-tarian telah di lakoni di depan para tamu undangan.

Namun untuk menambah formasi gerakan dan kolaborasi itu perlu dilakukan pendekatan dengan tokoh adat Port Numbay dari kampung masing–masing.

“Harapan kami Dinas Pendidikan nantinya akan meminta izin ke tokoh-tokoh adat Port Numbay terutama Ketua LMA Port Numbay dan para Ondoafi untuk menambah gerakan kolaborasi pada tarian penjemputan tamu tersebut,” imbuhnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga