Program Sejuta Jamban Bentuk Kepedulian TNI Terhadap Rakyat

Share it:
Sejumlah prajurit Koramil 1705-06/Moanemani
 berupa pembuatan jamban yang kedua 
Dogiyai, Dharapos.com
Pembuatan sejuta jamban yang dicanangkan pimpinan TNI AD dan telah dilaksanakan di seluruh wilayah Republik Indonesia terlebih di Kodam XVII/Cendrawasih merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap rakyat.

Sebagaimana yang kini dilaksanakan oleh jajaran Kodim 1705/Paniai khususnya Koramil 1705-
06/Moanemani berupa pembuatan jamban yang kedua sejak Sabtu (21/5) hingga Minggu (22/5).

Pembuatan jamban kedua ditempatkan di kampung Mauwa Distrik Kamuu Kabupaten Dogiyai tepatnya di rumah mama  Ameliana Gane, salah satu janda yang sudah lama ditinggal mati suaminya.

Keberadaan jamban di rumahnya sangat diharapkan untuk dapat digunakan semestinya.

Konstruksi pada jamban di rumah mama Ameliana Gane dengan konstruksi pada dinding menggunakan dinding dari sobetan kayu besi yang bahannya dikirim dari Nabire.

Konstruksi bangunan sangat sederhana namun beda dengan jamban yang sudah jadi pada pembuatan jamban yang pertama di kampung Ikebo, Distrik Kamuu.

Dengan pembuatan jamban di rumah mama  Ameliana Gane diharapkan dapat digunakan sebagaimana mestinya dan tidak lagi membuang air besar di sembarang tempat.

“Dengan demikian tetap terjaganya standar kesehatan dan terpenuhinya salah satu syarat pada sebuah rumah sehat dengan adanya jamban dan ini merupakan kepedulian Kodim 1705/PN dalam hal ini Koramil 1705-06/Moanemani dalam mengatasi salah satu kesulitan rakyat di sekitarnya,” tandas Dandim 1705/Paniai Letkol. Arh. Yulian Iskandar.

Diharapkan, dengan dibangunnya jamban ini warga masyarakat semakin memahami perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta penyebaran berbagai penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang.

Akhir kegiatan pembuatan jamban, mama Ameliana Gane menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Koramil yang dengan iklas dan tulus mengerjakan dan memilih rumahnya sebagai tempat sasaran pembuatan jamban.

Padahal masih banyak rumah warga yang sangat mengharapkan pembuatan jamban di rumahnya tapi karena alokasi dan bahan yang terbatas sehingga dipilihlah rumah yang benar-benar sangat membutuhkan.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga