Sekda Kota Resmikan Lab. Kesenian dan Film SMAN 5

Share it:
Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Jayapura, Dharapos.com
Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D.Siahaya, SH, MM meresmikan Laboratorium Kesenian dan Film SMA Negeri 5 Jayapura, Selasa (31/5).

Laboratorium tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah pusat.

Turut hadir Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Prof. Dr. Endang Caturwati, MS, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.M.Pd, para orang tua murid dan siswa.

Pembangunan gedung tersebut menelan anggaran sebesar Rp700 juta sementara sharing dana dari  komite sebesar Rp50 juta.

Sekda dalam sambutan mengatakan, kota ini selalu didorong untuk melaksanakan seluruh aktivitas sesuai dengan tuntutan perkembangan terkini.

“Karena kota Jayapura adalah sebagai barometer dalam setiap proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Papua,” ungkapnya.

Termasuk salah satu didalamnya adalah sektor pendidikan yang mana hal ini sesuai dengan visi misi Pemerintah kota Jayapura, yaitu kota Jayapura yang beriman, maju, mandiri, Sejahtera, modern berbasis kearifan lokal.

“Penyelenggaraan pendidikan merupakan bagian terpenting dari 5 program prioritas Pemkot Jayapura.
Dimana perkembangan tersebut seiring dengan perkembangan seni budaya dalam rangka mengimplementasi visi kearifan lokal sehingga seni budaya lokal Port Numbay menjadi bagian penting untuk didorong dan dilestarikan,” lanjut Sekda.

Untuk itu, diharapkan dengan adanya gedung tersebut maka setiap nilai seni yang berkembang di tengah kehidupan masyarakat kota Jayapura, baik itu seni perfilman seni pentas seni musik seni ukir seni yang lain bisa berkolaborasi dengan baik untuk didorong supaya tetap lestari dan menjadi bagian penting untuk menarik para wisatawan.

Sambungnya, setiap pemangku yang punya kepentingan dalam rangka pelestarian budaya Port Numbay sehingga Pemkot mengharapkan adanya kerja sama yang baik, ada kesungguhan dan ada keikhlasan dalam melaksanakan tugas tersebut.
Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan
Kemendikbud RI saat melakukan
penandatanganan prasasti

Diakuinya pula, dengan perkembangan teknologi saat ini seakan seni budaya sudah terdegradasi atau kurang mendapat perhatian.

Namun dengan program Nawacita Presiden dimana ikut peduli budaya nasional dan di dalamnya adalah budaya Port numbay sehingga nomenklatur itu bukan pendidikan nasional saja tapi Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kota Jayapura mendapat sebuah anugerah yang mana baru satu-satunya gedung kesenian dan film ada di Papua yaitu di kota Jayapura,yakni SMA Negeri 5 Jayapura,” tandas Sekda.

Untuk itu, dirinya meminta agar gedung ini dipergunakan secara baik dan semua peralatan yang ada agar terjaga dengan baik.

“Program Ini bukan saja untuk internal sekolah namun bersama masyarakat bisa melestarikan budaya-budaya lain yang tumbuh berkembang di kota Jayapura,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Prof. Dr. Endang Caturwati, MS juga menambahkan, generasi bangsa diharapkan dapat menghayati nilai-nilai budaya bangsa,kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa.

Serta dalam rangka meningkatkan fungsi sekolah sebagai wadah bagi siswa untuk menimba berbagai disiplin ilmu.

“Selain itu juga lewat bantuan ini, kita patut bersyukur karena, laboratorium ini ini merupakan satu-satunya di Papua dan Papua Barat,” bebernya.

Dengan adanya dukungan gedung ini diharapkan bisa meningkatkan prestasi di bidang seni.

“Karena gedung ini bukan saja untuk membuat atau berkreativitas mengenai seni dan film saja tetapi juga membantu para guru dan siswa untuk belajar materi-materi pelajaran yang lain yang menggunakan audio visual,” tegasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga