Tim Kajian Pembangunan Kereta Api Jayapura-Sorong Bakal Dibentuk

Share it:
Ilustrasi lintasan kereta api 
Jayapura, Dharapos.com
Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo bakal membentuk tim kajian dalam waktu dekat ini untuk mulai mengorganisir atau mendiskusikan tentang pembangunan jalur kereta api di tanah Papua yang di mulai dari Jayapura sampai ke Sorong.

“Keinginan dari pemerintah Pusat itu pembangunan jalur kereta api dari Jayapura baru ke Nabire terus ke Manokwari dan berakhir di Sorong, Papua Barat dan mudah-mudahan bisa optimal,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua, Dr Muhammad Musa’ad, M.Si mengatakan, pembangunan kereta api di Provinsi Papua terintegrasi dengan jalur kereta api yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat yakni dari Jayapura hingga Sorong.

Selain itu, lanjut Musa’ad pembangunan jalur kereta api dari Jayapura-Sarmi juga menjadi perhatian utama dari Pemerintah Pusat.

“Untuk pembangunan kereta api yang sudah direncanakan kan dari Jayapura sampai ke Sarmi, memang kemarin kita sudah mengusulkan FS (feasibility study/studi kelayakan, red) karena tahun ini sudah diajukan dan mereka bakal dorong hal itu,” ujarnya kepada wartawan di Jayapura, Selasa (24/5).

Musa’ad juga menambahkan, Pemprov Papua telah menyampaikan kepada Kementerian terkait untuk dapat mendorong pembangunan jalur kereta api ke Timika sampai hingga daerah pegunungan tengah Papua.

“Juga kalau bisa ada peluang dari Sarmi ke Yalimo karena memang daerah landai,” jelasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga