Tim Ton Tangkas Kodam XVII/Cenderawasih Masuk 5 Besar

Share it:
Tim Ton Tangkas Kodam XVII/Cenderawasih
menduduki urutan ke 5 dari 15 tim
yang ikut pertandingan.
Jayapura, Dharapos.com
Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono secara resmi menutup lomba Peleton Tangkas TNI AD Periode tahun 2016 yang berlangsung sejak 23 - 30 Mei 2016 di Jakarta.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kol. Inf. Teguh Pudjo Raharjo mengatakan, hasil akhir dari perlombaan Ton Tangkas Kodam XVII/Cenderawasih meraih hasil cukup memuaskan masuk urutan ke 5 dari 15 tim yang ikut pertandingan.

“Jadi, kontingen Kodam XVII/Cenderawasih diwakili oleh Ton I Kompi Senapan D Yonif 756/WMS yang bermarkas di Kulagaima, Wamena, Jayawijaya Papua,” kata Kapendam dalam rilisnya, Senin (30/5).

Dijelaskannya, lomba yang diikuti 15 Kontingen terdiri dari 2 Divisi Kostrad dan 13 Kodam ini mempertandingkan 8 materi lomba yaitu kesegaran jasmani “A” (lari 3.200 M), renang militer, ilmu medan (teori dan aplikasi), How to find the fighter (HTF), menembak senapan, menembak pistol, lintas medan dan bela diri militer Yong Moodo (berpasangan).

Selanjutnya, Ton Tangkas atau Peleton Tangkas adalah lomba tahunan yang bertujuan meningkatkan kompetensi prajurit TNI.

“Sasaran fisik yang ingin dicapai, yaitu meningkatnya kemampuan fisik prajurit dan profesionalisme keprajuritan,” jelasnya.

Sedangkan sasaran non fisik, antara lain yakni meningkatnya semangat juang, jiwa korsa dan sportifitas prajurit, semangat belajar dan berlatih prajurit serta meningkatnya kemampuan dalam kepemimpinan lapangan.

Dikatakan Kapendam, bagaimana tidak, bila dibandingkan dengan Satuan-satuan yang ada di wilayah lain, Yonif 756/WMS berada di daerah pedalaman dan letaknya Kompi pun terpisah dengan Markas Batalyon.

Markas Batalyon ini Bermarkas di Kulagaima, Wamena, Jayawijaya yang terdiri dari Markas Batalyon, Kompi Markas, Kompi Bantuan, Kompi Senapan D, dan Kompi Senapan E. Sedangkan Kompi Senapan A bermarkas di Arso, Kabupaten Keerom, Kampi Senapan B bermarkas di Lereh, Jayapura, dan Kompi Senapan C bermarkas di Senggi, Kabupaten Keerom.
Pangdam bersama prajurit Kodam
XVII Cenderawasih

Belum lagi disibukkan dengan tugas pokok satuan, dimana satuan ini berada di daerah operasi dan siap digerakkan kapanpun. Namun di tengah kesibukan mereka tetap berlatih untuk mewujudkan profesionalisme prajurit.

Di samping itu, dengan sarana prasarana yang kurang memadai tetap harus mampu bersaing dengan satuan lain yang jauh lebih lengkap sarana penunjangnya.

Seperti contoh di Yonif 756/WMS tidak mempunyai kolam renang, tapi dari Batalyon berusaha dengan membuat kubangan untuk diisi air dari sungai dan dibuat untuk latihan renang dalam persiapan pertandinagn Ton Tangkas. Dan hasilnya pada Ton Tangkas kali ini Kodam XVII/Cenderawasih dapat meraih prestasi urutan ke 5 tingkat AD.

Yang menarik dan yang membedakan dari penyelenggaraan Lomba Peleton Tangkas sebelumnya adalah pada lomba kali ini selain personel peleton juga mengikutkan para Danyon, Pasi Yon dan Danki dengan tujuan agar prajurit lebih bersemangat dalam berlomba, karena pucuk pimpinannya ikut berjuang membawa nama satuan.

Pelibatan unsur pimpinan ini juga dimaksudkan untuk menilai sejauh mana soliditas satuan serta ikatan yang telah terjalin antara unsur pimpinan dengan prajuritnya selama pelaksanaan tugas sehari-hari.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga