Wali Kota : Kepala Wilayah Diminta Fokus Soal Kepemilikan e-KTP

Share it:
Wali Kota didampingi Kadispendukcapil  Kota
Jayapura saat memberikan arahan
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM meminta para lurah dan kepala kampung dan distrik untuk fokus terhadap kepemilikian e-KTP bagi setiap warganya.

“Saya minta kepada para kepala distrik, Lurah dan kepala kampung untuk segera mungkin melakukan pendataan penduduk agar masyarakat kota Jayapura 100 persen menggunakan e-KTP,” pintahnya, Kamis (26/5).

Dirincikannya, penduduk Kota Jayapura tersebar di 5 distrik masing-masing Distrik Jayapura Utara dengan jumlah sebanyak 103.951 jiwa, Jayapura Selatan (109.750 jiwa), Abepura (122.841 jiwa), Muara Tami (13.928 jiwa) dan Distrik Heram dengan jumlah penduduk 63.683 jiwa.

Sementara yang belum melakukan perekaman e-KTP, kata Wali Kota, tersebar di 3 distrik masing-masing Distrik Jayapura Utara berjumlah 12.127 jiwa, Jayapura Selatan 7.152 jiwa dan Distrik Abepura berjumlah 6.841 jiwa.

Wali Kota minta data yang telah diserahkan agar ditindak lanjuti karena data tersebut nantinya akan dipakai untuk Pemilukada tahun 2017.

Data jumlah penduduk yang dipakai di kota Jayapura adalah sebanyak 414.153 jiwa yang dipakai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah kota Jayapura serta dinas - dinas hingga kelurahan dan kampung.

“Ini data bersih dan valid,” kembali tegasnya.
Penegasan tersebut sekaligus memastikan data 200 ribu yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik tidak digunakan.

Data penduduk sangat penting dan merupakan program nasional karena dari 28 kabupaten dan kota di Papua hanya yang jalan adalah kota Jayapura terkait e-KTP.

Berbagai cara juga telah dilakukan Pemkot Jayapura untuk melakukan perekaman e-KTP. Bahkan telah dilengkapi motor keliling untuk melakukan pendataan dari rumah ke rumah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota, Merlan Uloli juga menambahkan masih ada warga yang belum melakukan perekaman e-KTP hampir di seluruh distrik, Kelurahan dan kampung.

Bahkan nama-nama mereka telah dicetak yang belum melakukan perekaman e-KTP sehingga nama- nama tersebut akan dibagikan kepada para kepala kelurahan dan kampung.

“Mereka yang belum melakukan perekaman e-KTP nantinya akan dicari oleh para Lurah, Kepala Distrik maupun kepala kampung dan kemudian menghimbau untuk segera melakukan perekaman e-KTP,” sambungnya.

Apabila dari mereka ada yang sudah pindah atau telah meninggal maupun keluar kota Jayapura akan di hapus dari database Disdukcapil Kota.

“Hal ini untuk mengantisipasi Pemilukada 2017 jangan sampai orang yang tidak menerima undangan otomatis bisa menggunakan e-KTP sehingga Dispendukcapil kemudian disalahkan karena jauh-jauh hari mereka akan dicari tahu keberadaannya,” terang Merlan.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga