Wali Kota: Musda ICMI Jadi Momen Tepat Evaluasi Kinerja Organisasi

Share it:
Penabuhan tifa bersama menandai pembukaan
Musda III ICMI Orda Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Musyawarah Daerah (Musda) III Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Jayapura merupakan momen yang tepat untuk mengevaluasi kinerja pengurus organisasi tersebut.

Momen ini sekaligus juga sebagai wahana penyusunan program kerja yang tepat dan strategis untuk 5 tahun ke depan

Demikian disampaikan Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM pada pembukaan Musda) III ICMI Organisasi Daerah Kota Jayapura, bertempat di Gedung LPTQ Provinsi Papua, Sabtu (21/5).

Diungkapkan, pelaksanaan musyawarah dalam suatu organisasi sosial kemasyarakatan seperti ICMI Kota Jayapura tidak hanya menjadi kewajiban pengurus organisasi sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada para anggotanya.

Namun sebagai bentuk implementasi dan tuntutan dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dari organisasi bersangkutan

“Hal ini merupakan momentum yang tepat untuk menilai dan mengukur keberhasilan pengurus dalam menjalankan amanat organisasi selama kurun waktu yang ditentukan. Sehingga susunan pengurus dalam menjalankan visi dan misi organisasi merupakan tolak ukur bagi kehidupan dan efisiensi organisasi ke depan,” ungkap Wali Kota.

Organisasi ICMI Kota Jayapura, lanjutnya, harus berusaha terus-menerus guna mewujudkan jati dirinya di tengah-tengah masyarakat.

“Kiprah ICMI di tanah air telah nyata yang dapat dilihat dari besarnya sumbangsih organisasi internasional dalam memberikan kontribusinya kepada pembangunan dan hal ini juga sama dengan yang telah dilakukan ICMI kota Jayapura,” cetus Wali Kota.

Untuk itu, diharapkan peran sertanya dalam membantu pembangunan masyarakat baik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang keagamaan bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Jayapura.
Sebagaimana tema yang diusung "Gerakan Kecendekiawanan Menuju Kota Jayapura Beriman dan Berkemajuan”.

Sementara itu, Ketua MPD - ICMI Orda Kota Jayapura, H. Hasan Samay, SE, M.Si mengatakan selama berdirinya organisasi ini, diakuinya, belum banyak yang diperbuat untuk Pemkot terutama kepada umat Islam di kota ini.

“Dan melalui kepemimpinan kami telah menunjukkan dan memperkenalkan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota bahwa ICMI itu ada,” ucapnya.

Hal tersebut terbukti bahwa setiap kegiatan ICMI Kota Jayapura selalu dilibatkan baik dalam urusan keagamaan dan kemasyarakatan

Wali Kota dan pengurus ICMI Pusat dan
Kota Jayapura berfoto bersama
“Di tahun 2015 lalu, ICMI telah turut berperan menyelesaikan masalah pelarangan jilbab di Kota Jayapura yang melibatkan salah satu anak sekolah dasar namun telah diselesaikan bersama Komnas HAM dan orang tua murid dengan baik,” tandas H. Hasan.

Olehnya itu, diharapkan untuk pemimpin ICMI periode berikut  harus beriman dan beriptek.
H. Hasan juga mengapresiasi Wali Kota Jayapura di mana setiap permasalahan yang terjadi orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua tersebut selalu hadir seperti peristiwa di Yapis dan Organda.

Hal ini, tegas dia, membuat ICMI Kota bersemangat untuk mengambil bagian dalam urusan-urusan sosial yang terjadi di ibukota provinsi paling timur Indonesia ini.

Wakil Ketua Dewan Majelis ICMI Pusat, Dr. Drs. HM. Abdul Musaad, M.Si juga menambahkan bahwa dengan semangat ICMI maka dilahirkannya 5 program kualitas (5K) yakni iman, taqwa dan iptek, kualitas pikir, kualitas kerja, kualitas karya dan kualitas hidup.

“Selain iman dan taqwa, juga dibutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta butuh kualitas pikir sehingga diyakini kerja kita akan baik karena apabila kerja dilandasi oleh iman dan taqwa dan IPTEK maka kerjanya akan bagus. Apabila kerjanya sudah bagus maka sangat diyakini bahwa kualitas imannya akan terwujud.
Hasil karya pun akan bagus. Sehingga hidup kita akan baik dalam pola pikir kita,” tukasnya.

Ketua Panitia Musda III ICMI Kota Jayapura, Drs. Arianto Kadir. M.Si, mengatakan ICMI harus terus mampu untuk memproduksi cendekiawan-cendekiawan melalui kaderisasi.

“Kita harus mampu memintal generasi cendekiawan-cendekiawan muda yang sedang tumbuh untuk menyukseskan program pembangunan yang sementara ini dirintis Pemerintah daerah dengan memberikan sumbangsih pikiran yang positif dan kaya kreativitas serta pengabdian,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga