Wali Kota Resmi Lantik KPK Tobati

Share it:
Penyematan tanda pangkat oleh Wali Kota 
Jayapura, Dharapos.com 
Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) Tobati, Jaad De Roi Mano resmi dilantik Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, Jumat (20/5).

Pelantikan yang berlangsung di Kantor Pemerintahan Kampung Tobati tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Wali Kota Jayapura No 92 Tahun 2016.

Turut hadir Kepala BPMPK kota, Kepala Distrik Jayapura Selatan, sejumlah pimpinan SKPD dan masyarakat Tobati.

Wali Kota dalam sambutan pada acara pelantikan tersebut mengatakan dalam kebijakan otonomi kampung, pelimpahan wewenang dan mengatur pemerintahan sendiri semuanya berlangsung di kampung.

“Pemerintah hanya diberikan kewenangan khusus untuk mengatur pemilihan kepala pemerintahan kampung untuk ditindaklanjuti dalam  sebuah proses pemilihan. Dimana para calon KPK menyampaikan visi dan misinya di depan masyarakat dan kemudian masyarakat memilih yang terbaik untuk memimpin Kampung tersebut,” ungkapnya

Kepada KPK yang baru, Wali Kota minta untuk menjaga kepercayaan masyarakat yang telah diberikan memimpin kampung Tobati dan jangan sekali-kali mengecewakan kepercayaan dan suara mereka.

“Tugas KPK sangat berat karena kepercayaan yang ada di pundaknya di atas dasar sumpah janji dan jabatan sesuai dengan Alkitab di atas para-para adat dan di sisi lain, para orang tua-tua di kampung Tobati juga mempunyai satu harapan bahwa akan terjadi perubahan di kampung ini,” cetusnya.

Momen pelantikan KPK Tobati sengaja dipilih Wali Kota, Jumat (20/5) bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, dengan harapan ada kebangkitan di kampung Tobati menjadi lebih baik dan masyarakat pun ingin melihat perubahan dan pembangunan di atas pundak KPK yang baru.

Dijelaskan pula, Jaad De Roi Mano merupakan KPK yang masih berusia muda dan energik sehingga dipercayakan oleh seluruh masyarakat Kampung Tobati untuk mengayomi bahtera kampung tersebut ke arah yang lebih baik.

“Jadilah teladan dan panutan yang lebih baik untuk membangun Kampung ini sesuai aturan pemerintahan yang telah diatur,” harap Wali Kota.

Wali Kota saat memimpin pengucapan sumpah
dan janji jabatan KPK Tobati  
Wali Kota juga mengingatkan, pada salah satu butir Pakta Integritas yang menyatakan bahwa seorang KPK tidak boleh mabuk dan harus tinggal di kampung untuk melihat, membina dan mengarahkan masyarakat.

“Di kampung ini ada Bamuskam yang terdiri dari Pendeta, Ondoafi, tokoh pemuda dan perempuan untuk bekerja sama melaksanakan proses pembangunan ke depan seperti menyusun aturan kampung, susunan anggaran belanja kampung dengan baik serta menyusun tata tertib kampung dengan baik,” tambahnya.

Gereja di kampung juga harus dipenuhi kebutuhannya sehingga semua permasalahan dipecahkan dengan baik. Begitu pula pelayanan medis baik Posyandu dan Puskesmas agar prakteknya berjalan  baik dengan sejumlah dukungan fasilitas dari Pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota juga meminta istri KPK Unik Utami untuk memperhatikan PKK di Kampung Tobati.

“Bagaimana mengatur mama di kampung dalam satu lembaga juga perempuan-perempuan di kampung,
mereka harus maju menata ekonomi mereka di kampung dengan baik dengan merancang berbagai kegiatan ibu-ibu di kampung karena dana PKK sudah dianggarkan di DP2K,” pesannya.

Serta berbagai kegiatan lainnya dalam rangka memajukan Kampung Tobati.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga