1 Juli, Peluncuran Sepeda Air di Kawasan Wisata Pantai Hamadi

Share it:
Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw 
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, akan melakukan peluncuran sepeda air di kawasan wisata Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan pada 1 Juli mendatang.

Fasilitas wisata sepeda air yang akan diluncurkan nanti adalah milik Pemerintah Kota yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura.

Demikian ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkrew kepada Dharapos.com, diruang kerjanya, Rabu (22/6).

“Beberapa fasilitas penunjang lainnya juga disediakan bagi masyarakat yang berlibur dan menggunakan fasilitas wisata yang disediakan Pemerintah kota tersebut,” ungkapnya.

Diharapkan, masyarakat yang berlibur jelang Lebaran bisa menikmati fasilitas wisata air yang disediakan.

Dirincikan, sebanyak 10 unit sepeda air dan tiga unit cannot siap diluncurkan.

Pihaknya juga berharap, lokasi yang terletak di Tanjung Marinir tersebut akan menjadi Wahana Bahari Kota Jayapura karena semua permainan air akan bermuara ke lokasi wisata tersebut.

“Mungkin juga menjelang Pekan Olahraga Nasional tahun 2020 banyak wisatawan olahraga yang akan datang di Papua bisa menikmati hiburan yang akan dibangun nanti,” ujar Kadis.

Bahkan di tahun 2017 mendatang,  Pemkot melalui Disbudpar Kota Jayapura berencana membangun Waterboom Pantai Hamadi sambil menunggu pembebasan lahan yang saat ini lagi ditawarkan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, kata dia, pada 1 Juli nanti Pemkot melalui Disbudpar Kota Jayapura akan melakukan MoU antara masyarakat adat dan Pemkot agar fasilitas wisata tersebut di kemudian hari menjadi fasilitas yang merupakan fungsi antara pemerintah dan masyarakat setempat.

Kadis menambahkan, pembangunan akan dilakukan secara bertahap dan nantinya akan menjadi wahana bahari bagi masyarakat dan juga swasta yang bisa bergabung dengan masyarakat pemilik hak ulayat.

“Kita beli tanah mereka tetapi masyarakat juga diajak bekerja sama-sama dalam pengelolaan kawasan wisata dimaksud,” tambahnya.

Terkait tempat 10 unit sepeda air, nantinya akan stan-by di sekitar kawasanwisata Hamadi dan akan dibangun dermaga khusus.

Pengadaan fasilitas sepeda air tersebut lanjut Kadis, dibiayai oleh APBD Kota Jayapura senilai Rp300 juta.
Disbudpar Kota Jayapura, sambung dia, juga sementara membuat usulan ke Kementerian Pariwisata RI.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga