Dandim Sorong Bantu Bibit Kedelai Bagi Kelompok Tani Raja Ampat

Share it:
Kegiatan Pencanangan PAT-PIP Kacang Kedelai APBN Tahun 2016
Kabupaten Raja Ampat bertempat di Kampung Kabare
Sorong, Dharapos.com
Komandan Kodim 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos didampingi Pasiter Kodim 1704/Sorong Kapten Inf Muchlison Efendi S.H menghadiri kegiatan Pencanangan PAT-PIP Kacang Kedelai APBN Tahun 2016 Kabupaten Raja Ampat bertempat di Kampung Kabare, Kabupaten Raja Ampat, Senin (20/6).

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kadis Pertanian dan Pertenakan Kabupaten Raja Ampat.

Kadis dalam sambutannya mengungkapkan, tahun 2016 ini target penanaman kedelai dengan luas tanam 500 Ha dan diharapkan mampu menjadi daerah swasembada kedelai, untuk di Kampung Kabare seluas tanam 300 Ha.

Upaya pencapaian produktivitas kedelai melalui perluasan alokasi tanam (PAT), Peningkatan Indek Pertanaman (PIP), Kabupaten Raja Ampat pada tahun ini harapan bisa berjalan sesuai dengan keinginan pemerintah setempat.

Sementara, Dandim dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para kelompok tani atas kerja samanya selama ini.
Dandim saat menyerahkan bibit kedelai kepada salah satu kelompok tani

“Hendaknya kerja sama ini lebih kita tingkatkan lagi demi produktivitas pertanian dalam rangka menunjang program ketahanan pangan,” harapnya.

Dalam menjalankan program ketahanan pangan ini secara sungguh-sungguh memberikan dukungan baik penganggaran maupun regulasi yang dibutuhkan, semata-mata untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang bermuara pada kesejahteraan petani dan perwujudan program ketahanan pangan.

Lebih lanjut, jelas Dandim, untuk mendukung percepatan peningkatan produksi kedelai dalam rangka pencapaian swasembada kedelai, tidak lepas dari peran penyuluh pertanian Kabupaten Raja Ampat dan kerja sama dengan Kodim 1704/Sorong khususnya Bintara Pembinaan Desa (Babinsa) di Wilayah Koramil 1704-09/Kabare.

Kerja sama pengawalan dan pendampingan tersebut tidak berarti Babinsa menggantikan tugas penyuluh.

“Melainkan mereka mempunyai tugas masing-masing seperti menggerakkan dan memotivasi petani untuk melaksanakan, melakukan pengawasan terhadap pemberkasan administrasi dan penyaluran bantuan kepada penerima,” lanjutnya.

Aksi penanaman bibit kedelai pada lahan yang telah disiapkan
Kegiatan PAT-PIP kedelai bertujuan  untuk peningkatan luas tanam, luas panen dan produksi.

Yang dilaksanakan pada lahan sawah maupun lahan kering, dengan memanfaatkan lahan terlantar (bera), lahan bukaan baru.

“Kemudian kerjasama pemanfaatan lahan perhutanan, Hutan tanaman Rakyat, perkebunan, lahan transmigrasi, dan lahan potensi lainnya dengan sistem monokultur maupun tumpangsari,” tukas Dandim.

Di sela-sela kegiatan, Dandim turut menyerahkan Bibit  Kedelai secara simbiolis kepada salah satu ketua kelompok tani.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Distan Kabupaten Raja Ampat, Kabid Ketahanan Pangan Distan Kabupaten Raja Ampat, Danramil 1704-09/Kabare Kapten Inf Irwan Suwarna serta anggota, Kapolsek Kabare, Kadistrik Kabare, tokoh masyarakat, adat, dan tokoh agama serta kelompok tani se Distrik Kabare.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga