Data Penduduk Penting Bagi Kemajuan Daerah

Share it:
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Pendataan penduduk sangat penting bagi kemajuan suatu daerah atau kota.

Untuk itu, diperlukan data yang benar-benar valid dalam rangka mendukung pembangunan di segala sektor, baik itu infrastruktur maupun ekonomi.

Hal ini pun berlaku di Kota Jayapura dimana setiap tahunnya data penduduk diperbaharui dengan baik.

Pemerintah Kota selama 5 tahun periode kepemimpinan BTM - ALAM dalam penataan administrasi kependudukan berjalan baik dan terlihat animo masyarakat sangat tinggi untuk mendapatkan pelayanan pembuatan akta kelahiran, kematian dan akta cerai, kartu keluarga serta e-KTP.

“Juga ada beberapa terobosan-terobosan lainnya yang kita telah lakukan seperti nikah massal gratis,” rinci Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat Launching Aplikasi Online Dokumen Kependudukan Kota Jayapura, Kamis (23/6) .

Nikah massal gratis ini dilakukan untuk semua agama yang ada di kota Jayapura dimana seluruh biaya ditanggung Pemkot. Sebanyak 2500 lebih pasangan telah dinikahkan secara gratis

“Untuk pasangan nikah Muslim, Pemerintah kota membayar mahar dan mas kawin. Dan hal ini merupakan terobosan baru yang dilakukan,” jelasnya.

Hingga saat ini, lanjut Wali Kota, Pemkot terus berupaya untuk membenahi sistem pelayanan salah satunya menerapkan sistem online agar pelayanan yang dilakukan lebih cepat dan lebih dekat dengan masyarakat.

“Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah kota ini adalah dalam rangka menertibkan administrasi kependudukan di kota Jayapura,” cetusnya.

Ditambahkan pria yang akrab disapa BTM, jumlah penduduk kota Jayapura hingga saat ini telah mencapai 414.153 jiwa. Itu pun juga telah disortir baik sehubungan ada warga yang pindah ataupun ada yang meninggal dan dibuat dalam tabel nama.

Semuanya telah disortir oleh Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri RI.

BTM, pada kesempatan tersebut, juga menyampaikan bahwa kepemimpinannya bersama Haji Nuralam tinggal menghitung hari untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan di bidang pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di kota Jayapura.

“Jadi, melihat secara garis besar sejumlah keberhasilan yang dicapai bahkan telah melampaui target yang telah digariskan dalam visi dan misi,” urainya.

Salah satunya, dalam pengelolaan PAD Kota yang mana di tahun 2015, Pemkot melalui Dinas Pendapatan Daerah Kota Jayapura sebagaimana tercantum dalam visi misi keduanya yaitu sebesar Rp100 miliar berhasil dicapai. Bahkan di tahun 2016 PAD Kota telah melebihi target Rp150 miliar.

Juga capaian lainnya seperti realisasi APBD Kota telah selesai sesuai dengan visi misi untuk tahap pertama dan segera dirampungkan.

“Semuanya telah tercapai karena kita bekerja melalui struktur aturan singkat terhadap apa yang harus dipenuhi,” papar BTM.

Selain itu, tampilan Jayapura menjadi kota yang bersih ditandai dengan penghargaan langsung berupa Piala Adipura dari Pemerintah Pusat 3 tahun berturut-turut.

Artinya selama 5 tahun kepemimpinan dirinya bersama Nuralam target-target tersebut bisa tercapai termasuk keberhasilan menekan angka 10 besar penyakit di kota Jayapura.

BTM juga mengingatkan para pimpinan SKPD dan seluruh jajarannya untuk tetap menjaga dan berjalan sesuai aturan sehingga tidak merubah sistem dan struktur yang telah terbangun dengan baik.

“Cuma sekarang yang ditakutkan ketika kareteker masuk melanjutkan roda pemerintahan selama 6 bulan ke depan. Bisa saja yang bersangkutan merubah tatanan yang telah terbangun selama ini,” akuinya.

Untuk itu, putra asli Port Numbay ini meminta jajarnnya dapat menjaga dengan baik terutama dalam penerapan sistem keuangan berbasis kinerja dimana penggunaan harus berimbang.

“Jangan sampai kita sudah WTP murni lalu turun menjadi Disclaimer,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di ibukota provinsi paling timur Indonesia ini juga
menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Walikota Surabaya atas tuntunan, bimbingan dan motivasi yang diberikan sehingga kota Jayapura terus maju dan berkembang sama dengan Kota Surabaya.

“Dimana program pengurusan dokumen kependudukan secara online melalui e-Kios ini telah tercapai,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga