DPRD Gelar Paripurna Usulan Pemberhentian Wali – Wawali Kota Jayapura

Share it:
Foto kiri - kanan: Wali Kota, Ketua dan Wakil ketua DPRD pada sidang Paripurna
Jayapura, Dharapos.com 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Jayapura menggelar rapat paripurna Masa Persidangan II tahun 2016 dengan agenda penyampaian Pengusulan Pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura masa jabatan 2011-2016.

Rapat tersebut digelar di ruang Paripurna DPRD Kota Jayapura, Senin (20/6) dipimpin langsung Ketua DPRD Dra. Lieveliaen L. Ansanay, M.Pd di dampingi Wakil Ketua  Mathelda Yakadewa dan Timbul Sipahutar.

Wali Kota Dr Benhur Tomi Mano, MM mengawali  sambutannya mengutip petikan ayat Alkitab bahwa segala sesuatu ada waktunya dan Tuhan pun menciptakan segala sesuatu indah pada waktunya. Dimana ada waktu untuk memulai bekerja dan ada waktu untuk mengakhirinya.

“Tahun 2016 adalah tahun kelima di mana tahun terakhir dari masa ke pimpinan saya bersama Wakil Wali Kota Dr. H. Nuralam, SE, M.Si periode 2011 – 2016,” ungkapnya.

Dikatakan, rapat paripurna masa persidangan 2 tahun 2016 dengan agenda penyampaian usulan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura tahun 2016 yang dilaksanakan merupakan prosedur dan tahapan Pemerintahan yang harus ditempuh oleh pihak legislatif sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 79 ayat 1 UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang telah diubah dengan UU Nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Yang menyatakan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud pada pasal 78 ayat 1 huruf a dan huruf beserta ayat 23 huruf a dan b diumumkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk Gubernur atau Wakil Gubernur serta kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil pemerintah pusat untuk Bupati dan atau Wakil Bupati atau Wali Kota dan atau Wakil Wali Kota untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

Guna kepentingan pengusulan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota oleh pimpinan DPRD kota kepada Mendagri RI melalui Gubernur agar menyampaikan risalah rapat paripurna dan keputusan DPRD kota tentang pengumuman usulan pemberhentian atau walikota dan atau wakil walikota.

Hal ini juga sudah sejalan dengan surat Mendagri RI nomor 01.20/ 3262 /FJ tanggal 17 Juni 2015 mengenai pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah serta pengangkatan pejabat kepala daerah

“Tidak terasa waktu bergulir begitu cepat, saya bersama  Wakil Wali Kota Jayapura Dr. H. Nuralam, SE, M.Si kini telah sampai di penghujung periode 5 tahun masa kepemimpinan kami yang akan berakhir pada tanggal 21 Juli tahun 2016,” tandasnya.

Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM
Selama kurun waktu 5 tahun kepemimpinan dirinya bersama Wawali, berbagai kebijakan program dan kegiatan telah diimplementasikan bersama dengan para pemangku kepentingan termasuk dengan pihak legislatif.

Berbagai sukses dan keberhasilan pun telah diraih namun di sisi lain masih banyak pula yang belum tuntas dan semuanya akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat kota Jayapura melalui sidang paripurna DPRD pada waktunya nanti.

Sinergitas yang aktif dan dinamis antara pihak eksekutif dan legislatif serta Muspida kota Jayapura dan seluruh komponen masyarakat, yang telah terbangun selama ini sangat membantu pelaksanaan tugas-tugas kami dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa yang ada di kota Jayapura untuk tetap menjaga dan mengembangkan sikap toleransi serta kerukunan hidup beragama.

“Juga menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang berpotensi merusak tatanan hidup yang sudah terbangun dengan baik di kota Jayapura selama ini,” pesan BTM.

Ia juga berharap di masa transisi, proses pemerintahan tetap dijalankan pejabat Wali Kota sampai terpilihnya orang nomor satu dan dua di ibukota Provinsi Papua ini.

"Untuk itu kita tetap fokus pada tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, menatalayani masyarakat kota Jayapura yang sangat heterogen dengan berbagai macam kebutuhannya,” tukas BTM.

Sementara,  Ketua DPRD Kota dalam sambutan juga mengatakan, sepeninggalnya BTM - ALAM kota ini telah menjelma sebagai barometer bagi kabupaten/kota di Provinsi Papua.

Track record dan berbagai prestasi telah diraih dalam berbagai bentuk penghargaan diantaranya piala Adipura dalam kebersihan kota dan pengelolaan lingkungan hidup, penghargaan Wahana Tata Nugraha atas keberhasilan memperhatikan sistem pengelolaan transportasi perkotaan.

Kemudian penghargaan dari Ombudsman RI dalam pemberian pelayanan prima kepada masyarakat, opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) murni dari BPK RI karena kepatuhan mengelola keuangan secara akuntabel dan transparan serta penghargaan lain yang berhasil ditorehkan di berbagai bidang.

Persetujuan terhadap pengumuman pengusulan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura masa jabatan 2011-2016 didasarkan pada keputusan DPRD Kota Jayapura nomor. 02/DPRD-kota/ PRP/2016.

Paripurna turut dihadiri Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM, para Asisten, Staf Ahli dan  pimpinan SKPD.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga