Gelar Sidak, Disperidagkop Kota Sita Sejumlah Barang Kadaluwarsa

Share it:
Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. Awi, ST, MT
Jayapura, Dharapos.com 
Tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi Kota Jayapura berhasil menyita sejumlah kemasan susu dan snack yang telah kadaluwarsa dalam sebuah inspeksi mendadak pada sebuah toko di kawasan Dok IX, Distrik Jayapura Utara, Selasa (14/6).

“Jenis makanan yang disita antara lain makanan kaleng, susu sachet, dan makanan ringan. Juga ada rokok yang ditemukan juga telah kadaluwarsa,” demikian jelas Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert L. Alwi, ST, MT kepada wartawan di Jayapura, (14/6).

Diakui, awalnya, berdasarkan laporan dari warga kota Jayapura terkait ditemukannya barang kadaluwarsa di salah satu tokoh yang berada di kawasan Dok 9 Distrik Jayapura Utara.

Kemudian atas dasar laporan masyarakat tersebut, maka selaku Kepala Dinas, Awi langsung memerintahkan stafnya untuk turun melakukan inspeksi di beberapa tokoh di Dok IX.

“Dan ternyata dari hasil inspeksi tersebut dijumpai ada beberapa jenis minuman maupun snack yang dijual telah melewati masa berlakunya sehingga kemudian langsung dilakukan penyitaan terhadap barang-barang kadaluwarsa tersebut, agar tidak di konsumsi oleh masyarakat.

Disinggung soal sanksi, Awi mengaku jika pihaknya telah membuat surat dan besok akan ditindaklanjuti.
“Apabila ketahuan ada toko yang menjual makanan kadaluwarsa masih tidak mengindahkan maka akan diproses sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Parahnya lagi, yang dijumpai di lapangan bahwa mereka sudah mengetahui barang-barang tersebut sudah kadaluwarsa.

Namun karena masih satu minggu dan 3 hari lagi sehingga mereka belum juga menarik barang tersebut padahal batas sebelum kadaluwarsa, barang harus segera ditarik dari kios maupun toko dan tidak boleh diperjualbelikan

Berdasarkan hasil investigasi ada barang yang sudah melewati waktu satu minggu bahkan sudah melewati tahun penjualan.

Untuk itu, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat kota Jayapura apabila masih menjumpai barang kadaluwarsa untuk segera disampaikan ke Dinas Perindagkop Kota.

Ditambahkan, awalnya ada sekitar lima tokoh besar yang dilakukan pemantauan namun dari 5 toko tersebut ternyata 4 toko tidak bermasalah sedangkan satu toko kedapatan menjual barang kadaluwarsa.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga