Kota Jayapura Resmi Miliki Aplikasi Online Dokumen Kependudukan

Share it:
Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM saat meninjau
fasilitas Aplikasi Online Dokumen Kependudukan
Jayapura, Dharapos.com
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM secara resmi melaunching Aplikasi Online Dokumen Kependudukan atau yang dikenal dengan e-Kios, Kamis (23/6).

Launching yang berlangsung di Main Hall Kantor Wali Kota Jayapura merupakan tindak lanjut kerja sama Pemerintah kota Jayapura dan Surabaya pasca penanda tangan MoU oleh Wali Kota Jayapura dengan Wali Kota Surabaya, beberapa waktu lalu.

Wali Kota dalam sambutannya mengungkapkan, data penduduk sangat penting karena dibutuhkan sebuah daerah dalam rangka membangun wilayahnya.

“Karena data penduduk juga akan dipakai sebagai data dalam pembangunan sehingga kita perlu mengetahui berapa banyak jumlah penduduk di kota Jayapura,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Pemkot melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura terus berupaya memperbaiki sistem pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam pembuatan dokumen kependudukan seperti pelayanan e-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran dan kematian, akta perceraian maupun surat datang pindah penduduk.

“Launching Aplikasi Online Dokumen Kependudukan dikhususkan untuk pembuatan akta kelahiran dan kematian serta surat datang maupun pindah penduduk di kota Jayapura,” lanjutnya.

Hal ini, kata Walikota, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat sehingga dibentuk sistem online di kota Jayapura.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM
“Saya sangat percaya masyarakat kota Jayapura adalah masyarakat yang rasional, sehingga bisa menggunakan alat-alat canggih seperti online yang dibuat pada saat ini dalam rangka  untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat sendiri,” tandasnya optimis.

Lebih lanjut, ditambahkan pria yang sering disapa BTM ini, selain dalam pelayanan e-Kios nantinya juga akan dilakukan kerja sama dalam bidang-bidang lainnya.

Olehnya itu, dirinya meminta pihak Disdukcapil Kota Jayapura untuk secepatnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait cara penggunaan mesin e-Kios agar masyarakat dapat mengetahui cara pengoperasiannya.

“Apabila nantinya alat tersebut dipasang di tempat-tempat keramaian maka saya minta masyarakat untuk bersama-sama menjaga alat-alat ini untuk kepentingan kita bersama,” pinta BTM.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura Merlan S. Uloli, SE, MM  juga menambahkan Launching Aplikasi Online Pengurusan Dokumen Kependudukan ini menindaklanjuti kerja sama Pemkot Jayapura dan Surabaya yang ditandatangani pada 31 Mei lalu.

Fasilitas ini diperuntukkan bagi pelayanan akta kelahiran, kematian dan surat pindah datang penduduk.

Nantinya mesin-mesin tersebut akan di tempatkan di pusat-pusat keramaian. Sedangkan untuk dua mesin e-Kios yang ada akan di taruh di main hall Kantor Wali Kota untuk mengakrabkan mesin tersebut kepada seluruh ASN Pemkot Jayapura.

Wali Kota saat melaunching Aplikasi Online Dokumen Kependudukan
Sehingga para ASN juga diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan dari Disdukcapil Kota untuk menyampaikan sosialisasi mengenai dokumen online tersebut.

“Untuk penggunaan ini juga dibutuhkan masyarakat yang paham IT, sehingga nantinya juga Disdukcapil akan terus melakukan sosialisasi e-Kios kepada masyarakat,” tandasnya.

Tahun 2016, lanjut Kadis, baru dua unit dan ke depan nanti akan ditambah beberapa unit lagi yang akan ditempatkan di tempat-tempat keramaian yang akses jaringan internetnya sangat kencang.

Hadir pada acara launching tersebut para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD dan ASN lingkup Pemkot Jayapura.

Launching Aplikasi Online Kependudukan tersebut ditandai dengan pengoperasian mesin e-Kios oleh Wali Kota yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga