LKPD Kota Jayapura 2015 Raih Opini WTP Murni

Share it:
Wali Kota Jayapura saat mendapat ucapan selamat dari Gubernur Papua Lukas Enembe
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2015.

Prestasi ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mendapat Opini WTP dengan paragraf penjelas.

Sementara, Kabupaten Jayapura tetap mempertahankan Opini WTP murni sebagaimana yang dicapai pada tahun anggaran sebelumnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP, MH dalam sambutannya, mengatakan setiap tahun ada banyak perubahan yang terjadi bagi para Bupati yang belum mendapat kesempatan opini seperti para  Bupati lainnya.

Wali Kota berpose bersama Ketua DPRD Kota Jayapura  
“Untuk itu kita harus bekerja keras karena tidak bisa Papua dikategorikan terbelakang terus,” ucapnya saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2015 pada Pemerintahan Kabupaten dan kota se Provinsi Papua di gedung Sasana Krida kantor Gubernur, Jumat (10/6).

Gubernur juga mengapresiasi pencapaian prestasi yang diraih Walikota Jayapura dan juga Bupati Jayapura yang berhasil mempertahankan Opini WTP murni.

“Mereka termasuk mempunyai aset yang banyak tetapi mereka tetap bertahan dengan WTP, itu sangat luar biasa,” akuinya.

Untuk itu, kepada para kepala daerah yang lain agar bisa mencontohi keduanya yang bisa mempertahankan opini WTP murni tersebut.

Di saat yang sama Kepala BPK RI Perwakilan Papua, Syafruddin Mosi, SE, MM, dalam sambutannya mengatakan acara penyerahan Hasil Pemeriksaan LKPD ini adalah kesepakatan bersama antara  BPK dengan DPR Papua tentang tata cara penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK.

Wali Kota saat mendapat ucapan selamat 
“Pemeriksaan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kerja BPK Perwakilan Provinsi Papua dengan DPR Papua dalam hal mengaktifkan pelaksanaan dan tugas fungsinya masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Jayapura,  Dra. Evelin L. Ansanai dalam sambutannya mengatakan DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah dan mitra yang sejajar dengan Pemda sesuai dengan UU melaksanakan fungsi legislatif, anggaran dan pengawasan.

“Secara substansi pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka penyerahan audit LHP BPK RI pada sistem pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Provinsi Papua,” urainya.

Opini BPK RI ini, lanjut Evelin, merupakan pernyataan profesional pemeriksa tentang kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dengan memperhatikan kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku.

Saat menerima penyerahan sertifikat dari BPK RI Perwakilan Papua
“Kota Jayapura adalah Barometer bagi kabupaten/kota dan juga daerah-daerah yang ada di Provinsi Papua telah berhasil memperoleh predikat WTP atau wajar tanpa pengecualian terhadap LKDP tahun 2015,” tandasnya.

Predikat WTP yang telah diperoleh adalah bukti peningkatan kerja keras atas kepatuhan pada tata kelola keuangan hal ini merupakan hal yang patut dibanggakan demi terwujudnya good governance untuk mencapai clean governance.

Untuk diketahui, Berdasarkan hasil pemeriksaan sesuai dengan kriteria tersebut BPK RI memberikan opini WTP kepada Kota Jayapura yang sebelumnya mendapat opini wajar tanpa pengecualian dengan paragraf penjelas.

Kabupaten Jayapura yang sebelumnya mendapat opini WTP tahun ini tetap mempertahankan opini tersebut bersama Kabupaten Asmat, Merauke, Mimika, Jayawijaya dan Kabupaten Yapen Waropen.

Kemudian, yang menerima opini Wajar  Dengan Pengecualian atau WDP masing-masing Kabupaten Puncak Jaya, Yalimo, Nduga, Nabire, Lanny Jaya, Intan Jaya dan Kabupaten Paniai.

Penadatanganan berita acara
Kabupaten Puncak Jaya, Yalimo, Nduga, Nabire sebelumnya meraih WDP dan pada tahun ini tetap mempertahankannya. Sementara Lanny Jaya, Intan Jaya dan Paniai sebelumnya mendapatkan predikat disclaimer atau BPK tidak memberi pendapat

Sedangkan, opini yang tidak menyatakan pendapat atau disclaimer antara lain Kabupaten Mappi Keerom, Sarmi dan Kabupaten Yapen.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga