Mesin ATM Kependudukan Bakal Diberlakukan di Kota Jayapura

Share it:
Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli, SE, MM
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura telah menandatangani MoU kerja  sama di bidang Pelayanan Dokumen Kependudukan Berbasis IT yang dilakukan Wali Kota, DR. Benhur Tomi mano, MM dengan Pemerintah Kota Surabaya.

Penandatangan MoU oleh Wali Kota dilakukan saat menghadiri Hari Ulang Tahun kota Surabaya pada 31 Mei lalu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, MM, mengungkapkan pasca penandatanganan MoU, pihaknya akan mengadopsi sistem yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam pelayanan dokumen kependudukan melalui e-Kios.

“Nantinya akan diadopsi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam pelayanan dokumen kependudukan melalui e-Kios,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (2/6).

Bentuk dari kerjasama ini, lanjut Merlan, adalah semacam penggunaan mesin ATM yang akan ditempatkan di tempat-tempat pelayanan publik yaitu e-Kios dokumen kependudukan dan bisa diakses masyarakat yang mengerti IT terkait pengurusan dokumen dimaksud.

“Sehingga nantinya untuk mengurus dokumen kependudukan, masyarakat tidak perlu ke kantor Disdukcapil. Nantinya  mereka datang hanya untuk mengambil dokumen kependudukan yang sudah jadi,” urainya.

Masyarakat juga dapat mendaftar lewat mesin-mesin yang di pasang di beberapa tempat di wilayah kota dan mereka akan di pandu sendiri dengan membutuhkan akses jaringan internet yang cepat.

Diharapkan nantinya pemasangan mesin di tempat umum yang mudah di jangkau masyarakat dan berada di lokasi yang dinilai jaringan internetnya tidak terganggu.

“Kita mengharapkan kerja sama yang telah dilakukan Wali Kota Jayapura dan Surabaya. dalam tahun ini juga sudah bisa diterapkan. Saat ini juga staf Disdukcapil Kota sementara berada di Surabaya untuk menindak lanjuti hal dimaksud,” sambungnya.

Sejumlah peralatan nantinya akan segera dibawa ke kota Jayapura untuk di pasang di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Hal ini juga, kata Merlan akan mengurangi antrian panjang di kantor Disdukcapil Kota Jayapura.

“Apabila jaringan kurang kencang maka nantinya akan diminta dukungan dan kerja sama dengan PT. Telkom, sehingga pelayanan ini bisa berjalan dengan baik,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga