Pancasila Tidak Hanya Dihafal Tapi Harus Diimplementasikan

Share it:
Danramil Waghete  Kapten Inf Kusnadi saat memberikan materi tentang Pancasila 
Deiyai, Dharapos.com
Danramil Waghete  Kapten Inf Kusnadi dan Babinsa Serda Suherman memberikan materi pelajaran tentang Pancasila yang di ikuti oleh murid klas 1 dan  2 berjumlah 50 murid SMK Negeri I Tigi Kabupaten Deiyai, Rabu (2/6).


Materi yang diberikan tersebut menindaklanjuti perintah dari komando atas dalam hal ini Kodim 1705/Paniai Letkol Arh Yulian Iskandar ditiap-tiap kowil/koramil diperintahkan untuk mengajar materi tentang Pancasila secara serentak di daerah/wilayah masing masing.

Dalam kegiatan mengajar tersebut materi yang diberikan tentang Pancasila yaitu bagaimana asal usul dan sejarah, serta mengapa Pancasila menjadi dasar negara.

Kemudian, mengapa tanggal 1 juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila dan 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Danramil memberikan hadiah kepada salah satu siswa
Tujuan diberikan pelajaran/pembekalan tersebut adalah agar anak murid sekolah tersebut mengerti dan memahami  sekaligus bisa mengamalkan dan mengimpletasikan dalam kehidupan sehari hari, dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara kesatuan Republik Indonesia.

Dengan harapan para anak anak murid bisa untuk mengingat kembali walau materi tersebut sudah diberikan oleh guru tentang sejarah  Pancasila.

Karena Pancasila merupakan dasar negara kita dan tanggal 1 oktober merupakan hari kesaktian Pancasila, dikwatirkan dengan ada pengaruh lingkungan dan pengaruh globalisasi perkembangan jaman anak-anak murid sekolah lupa akan hal tersebut diatas.

Ini dapat dibuktikan dengan diberikan pertanyaan pertanyaan tentang pelajaran tersebut masih banyak yang lupa tetapi para murid sangat antusias dan bersemangat mendengar dan menerima materi tersebut.

Danramil pun memberikan hadiah kepada 2 orang murid  yang bisa menjawab pertanyaan dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila untuk murid yang lain rata rata tidak hafal atau lupa lagu tersebut.

Kegiatan mengajar materi Pancasila ini akan tetap berlanjut ke tingkat SLTP dan SLTA sederajat di wilayah Kabupaten Deiyai disesuaikan jadwal yang dibuat oleh Koramil.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga