Pemkot Ancam Sanksi Tegas Penimbun Bahan Makanan

Share it:
Robert L. Awi, ST, MT
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Jayapura bakal menindak tegas para pengusaha atau spekulan yang kedapatan menimbun bahan makanan.

Ancaman pencabutan izin usaha tersebut bakal diberlakukan.

Penegasan tersebut disampaikan digelarnya pertemuan oleh Disperindagkop Kota dengan 20 distributor, dalam rangka membicarakan antisipasi kenaikan harga barang yang terjadi belakangan ini

Demikian keterangan yang disampaikan Kepala dinas Perindagkop Kota Jayapura,Robert L. Awi, ST, MT kepada wartawan di Kampung Yoka, Rabu (8/6).

Menurut informasi yang diperoleh dari para distibutor, bahwa hampir sebagian besar barang yang masuk ke
kota Jayapura tidak mengalami kenaikan harga.

“Kalaupun ada beberapa harga bahan yang naik, hal itu disebabkan karena dari daerah   produksinya juga mengalami kelangkaan,” terangnya.

Salah satu, wortel yang telah mengalami kelangkaan di tempat asalnya sehingga saat dipasok ke Kota Jayapura harganya melambung dari bahan makanan lain.

“Namun, bahan makanan lain relatif aman dan hal ini sudah dilaporkan ke Sekda, bahwa kenaikan tersebut akibat permainan para spikulan pasar atau pedagang pengecer,” lanjut Awi.

Lebih lanjut, jelasnya, di tingkat pedagangan atau pengecer ada dua yaitu pedang pengumpul dan pedagang pengecer sendiri. Sehingga pedagang pengumpul kini menjadi target sasaran Disperindagkop Kota dengan melakukan koordinasi di lapangan antara petugas lapangan dan kepolisian.

Dari hasil pantauan di pasar, lanjut Awi, beberapa bahan pokok relatif naik, hanya pantauan Perindagkop di lapangan masih bisa ditolelir, karena kenaikan hanya 10-15 persen. Namun yang naik sangat signifikan hanya wortel.

Sementara harga ayam, telur dan khususnya daging yang melambung karena permintaan dengan harga dikisaran 120 -130 rb/kg.

Untuk daging juga di suplai dari Merauke dan dari Jayapura sendiri, sedangkan untuk daging es dan wortel di datangkan dari Surabaya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga