Pemkot Gelar Pentas Seni Budaya Port Numbay

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano saat membuka Pentas Budaya Port Numbay
Jayapura, Dharapos.com 
Dalam rangka melestarikan budaya Port Numbay melalui mata pelajaran yang terintegrasi (Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Mulok ), Pemerintah kota melalui Dinas Pendidikan kota Jayapura menggelar Pentas Budaya Port Numbay.

Pentas seni yang digelar di PTC Entrop, Sabtu (11/6) menampilkan para pelajar mulai tingkat  SD, SMP, SMA dan SMK dengan membawakan tarian adat asal 14 kampung di negeri berjuluk”Port Numbay” ini.

Kegiatan seni ini menjadi salah satu penyempurnaan target visi dan misi program Pemkot di akhir masa jabatan Wali Kota DR Benhur Tomi Mano, MM dan Wakilnya Dr. H. Nur Alam, SE, M.Si pada 22 Juli mendatang yaitu terwujudnya kota Jayapura yang beriman, mandiri, sejahtera, moderen berbasis kearifan lokal.

Visi tersebut juga dijabarkan dalam 7 misi dimana pada poin yang ke enam, meningkatkan pelestarian dan hak adat di kota Jayapura berupa pelestarian budaya kearifan lokal dan peningkatan ketahanan adat Port Numbay.

Wali Kota dalam sambutannya mengapresiasi langkah yang dilakukan Disdik Kota Jayapura dalam rangka melakukan berbagai upaya untuk melestarikan nilai-nilai adat Port Numbay.

Dirinya juga mengaku terharu saat melihat bagaimana anak-anak dari suku bangsa manapun yang menghormati tatanan adat Port Numbay sehingga bisa mengenal tarian asli serta mengenal kuliner asli daerah setempat.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru pendamping yang telah menghormati tatanan-tatanan adat di negeri ini,” ucap Wali Kota.

Pria yang akrab disapa BTM ini mengaku sempat kuatir dengan keberadaan adat budaya Port Numbay sehingga saat terpilih sebagai Wali Kota, dirinya langsung melakukan berbagai langkah agar tatanan adat daerah asalnya tidak hilang dan punah.

Tidak hanya masalah tatanan adat, begitu pula dalam visi dan misi yang di cetusnya yaitu, ingin menjadikan Jayapura sebagai kota yang bersih di wilayah Indonesia timur.

Hal itu pun terwujud, dan dibuktikan dengan raihan penghargaan dari Pemerintah Indonesia yaitu Piala Adipura selama 3 tahun berturut-turut.

Begitu pula, soal penataan keuangan Pemkot Jayapura yang baik dan sempurna yang diinginkan oleh Pemerintah Indonesia, dalam penataan keuangan pemerintah daerah.

Hasilnya, Kota Jayapura 4 kali berturut mendapat opini  WDP,  dari BPK RI dan di tahun 2016, berhasil meraih WTP murni.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga