Pemprov Papua Sambut Positif Kebijakan Moratorium Lahan Sawit

Share it:
Jan Jap Ormuseray
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan Provinsi Papua menyambut positif Peraturan Presiden (Perpres) tentang Moratorium izin pembukaan lahan sawit di  Indonesia.

“Kita tahu sama-sama bahwa Pemerintah melalui Bapak Presiden kan sudah terbitkan Perpres tentang moratorium izin pembukaan lahan sawit. Ini kan tentunya dengan berbagai pertimbangan dan kita di Papua sesungguhnya tidak masalah, kita menyambut hal ini dengan baik, terutama dari aspek komitmen kita untuk menjaga hutan,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray ketika ditemui di Kantor Gubernur Papua, pekan kemarin.

Menurutnya, jika dilihat dari aspek investasi maka hal ini sangat mengganggu mengingat kelapa sawit merupakan investasi yang besar dan menyerap tenaga kerja yang besar dibarengi peredaran uang yang tinggi.

“Investasi sawit di daerah selatan seperti Merauke, serta Nabire, Keerom maupun Jayapura ini mau tidak mau akan terkena dampak, tetapi kita harapkan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah pusat ini harus ditanggapi dengan positif mengingat dengan adanya moratorium penataan kembali perizinan untuk kelapa sawit,” imbuh Jan.

Ditambahkan, pembukaan lahan sawit selama ini memang diduga dilakukan dengan membakar lahan gambut, seperti yang terjadi di Sumatera maupun Kalimantan, hal ini yang menjadi perhatian.

“Karena kita tahu bahwa pembakaran lahan gambut di Sumatera dan Kalimantan, inikan perusahaan kelapa sawit  diduga ikut terlibat dalam pembakaran lahan gambut,”pungkas Jan.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga