Perempuan Jadi Elemen Penting Tumbuhkan Ekonomi Keluarga

Share it:
Jayapura, Dharapos.com

Perempuan dalam hal ini kaum ibu menjadi salah satu elemen penting dalam menentukan pertumbuhan ekonomi keluarga.

Olehnya itu,  ibu-ibu harus terus didorong dan diberi motivasi untuk berusaha sehingga ke depan dapat mendatangkan keuntungan bagi perbaikan ekonomi rumah tangganya.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Kota Jayapura Hanock Wambukomo, MM kepada peserta Pelatihan Industri Rumah Tangga, Selasa (31/5).

Diakuinya, sampai saat ini, masih ada kalangan yang beranggapan bahwa posisi perempuan di Indonesia khususnya di tanah Papua terutama di Kota Jayapura masih tertinggal, dibandingkan dengan laki-laki dalam beberapa bidang kehidupan.

“Tetapi yang perlu kita sadari bahwa perempuan adalah manusia sekaligus sebagai ibu rumah tangga, tentunya memikul beban rumah tangga yang cukup berat seperti mengurus anak, mengurus rumah, dapur, makanan, pakaian sekolahan dan sejumlah kegiatan lainnya,” rinci Wali Kota.

Tidak hanya itu saja, karena sebagai ibu rumah tangga tentu mereka juga harus memikirkan bagaimana upaya-upaya agar dapat menambah penghasilan suami yang mungkin hanya pas-pasan saja.

“Oleh karena itu kita bersyukur bahwa Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Jayapura, memilih permasalahan ini untuk di angkat menjadi pergumulan ibu-ibu sekalian pada hari ini,” lanjutnya.

Salah satunya yang di rasakan cukup produktif adalah peningkatan ekonomi keluarga melalui usaha bakso ikan.

“Untuk membuat membuat bakso ikan ini tentu membutuhkan proses dan waktu, dan harus di lalui dengan pelatihan dan bimbingan, agar ibu-ibu memahami dengan baik bagaimana cara mengolah dan mengembangkannya,”  tukasnya.

Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Badan Pemberdayaan Perempuan  dan KB (BPPKB) melaksanakan kegiatan pelatihan Industri Rumah Tangga yang berlangsung di depan Kantor Kelurahan Hamadi, Selasa (31/5).

Tema yang diangkat “Melalui Pelatihan Keterampilan Industri Rumah Tangga, Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Perempuan Dalam Menopang Ekonomi Keluarga”.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Kota, Hanock Wambukomo, MM mewakili Wali Kota Jayapura yang ditandai dengan penabuhan tifa.

Turut di hadiri Kepala BPP-KB Kota Jayapura Betty A. Puy, Kepala Distrik Jayapura Selatan, Lurah Hamadi.

Menurut laporan panitia yang di sampaikan Ivon Hamadi, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan melalui pelatihan dan keterampilan dalam proses pembuatan bakso ikan.

Diharapkan pelatihan ini dapat mendorong dan memotivasi kaum ibu agar mandiri dengan melihat potensi atau sumber daya yang ada guna memenuhi dan menopang kebutuhan keluarga.

Di samping itu, untuk menambah modal melalui pemberian bantuan dana pendampingan bagi 10 kelompok usaha perempuan di kelurahan Hamadi.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga