Peserta Didik Baru Wajib Kantongi Sertifikat Tes Urine

Share it:
Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.M.Pd
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan Kota Jayapura bakal mewajibkan peserta didik baru di tahun ajaran 2016/2017 mengantongi sertifikat tes urine.

Hal ini sebagai salah satu bagian dari upaya untuk menyelamatkan generasi muda terutama peserta didik yang berada di jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

“Di tahun pelajaran 2016/2017 ini, seluruh peserta didik baru direkomendasikan agar mereka yang diterima harus mengantongi sertifikat tes urine. Dimana tes urine tersebut menandakan anak-anak kita positif menggunakan narkoba atau negatif,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.M.Pd kepada wartawan, Rabu (29/6).

Diakuinya, akhir-akhir ini angka pengguna narkoba di kalangan pelajar meningkat tajam bahkan sudah memasuki fase menguatirkan.

Karena itu, pihaknya menghimbau kepada seluruh pimpinan sekolah untuk membuat pernyataan keras agar peserta didik wajib di tes urine di sekolah masing-masing.

“Untuk biaya nantinya orang tua murid juga berpartisipasi dalam tes urine bagi anak-anak mereka,” lanjut Kadis.

Dijelaskan, Disdik Kota Jayapura juga bekerja sama dengan pihak BNN Papua untuk ikut terlibat dalam pelaksanaan program ini guna menekan harga sehingga biaya yang akan dikeluarkan untuk pemeriksaan jauh lebih murah.

Dengan demikian, anak-anak yang terbukti menggunakan narkoba akan menjalani rehabilitasi, tapi mereka tetap berada di sekolah. Dan, selesai rehabilitasi anak- nak kembali belajar seperti biasanya.

“Pemerintah kota telah mencanangkan wajib belajar 12 tahun sehigga anak-anak tidak boleh putus sekolah akibat penggunaan narkoba,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga