Puasa Hari Ke-4, Wali kota Sidak Seluruh Kantor Lingkup Pemkot

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat sidak disalah satu ruangan kantor
Jayapura, Dharapos.com 
Memasuki hari 4 pelaksanaan ibadah puasa bagi umat Muslim, Wali kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah kantor, dinas dan Badan lingkup Pemerintah Kota Jayapura, Kamis (9/6).

Sidak berlangsung mulai pukul 09.00 WIT dan berakhir pada pukul 10.30 WIT.

Walikota usai sidak mengakui jika pihaknya telah mengeluarkan surat perintah khusus terkait pengurangan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di mana untuk jam masuk kantor dimulai pukul 08.00 WIT dan pulang tepat pukul 15.00 WIT.

“Jam ini berlaku bagi ASN beragama Muslim yang sementara menjalankan ibadah puasa dan mereka diberikan waktu pulang lebih cepat untuk persiapan buka puasa bersama keluarga masing-masing,” akuinya.

Sementara untuk ASN non Muslim, Wali Kota tetap mengingatkan untuk jam masuk kantor tetap seperti biasa  yaitu pukul 07.30 WIT.

“Jadi mereka tidak seharusnya mengikuti ASN Muslim,” tegasnya.

Hal ini, lanjut pria yang akrab disapa BTM, agar kinerja dan ritme pelayanan yang diberikan kepada  masyarakat terus dipertahankan dengan baik.

Pantauan Dharapos.com, Wali kota mulai memasuki satu ruangan ke ruangan secara bergantian untuk melihat serta memastikan bagaimana kondisi riil ASN  di lingkup Pemkot.

“Ternyata ada yang lengkap dan ada yang tidak. Kalau bidang pelayanan semua lengkap,” bebernya.
Menyikapi temuan dalam sidak tersebut, BTM kembali menegaskan bahwa ASN non Muslim agar tidak meniru ASN Muslim yang sedang menjalani ibadah puasa.

Wali Kota saat memeriksa kebersihan di salah satu ruangan
“Kalian harus tetap pertahankan jam kerja Pemkot karena ini demi pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Usai memantau setiap ruangan, BTM mengaku akan memanggil para Kepala Dinas, Badan dan Kantor untuk mengingatkan stafnya.

“Jadi, jangan beralasan bulan Puasa, sehingga kita yang tidak berpuasa, lalu ikut-ikutan. Tapi kalau boleh tingkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Juga, jangan pulang pukul 15.00 WIT, tapi pukul 16.00 atau 17.00 WIT,” kembali tegasnya.

Selain tingkat kedisiplinan ASN masih rendah, BTM juga pada kesempatan tersebut turut menyoroti kebersihan dan keindahan pada setiap depan maupun di dalam kantor.

“Kita sering mengampanyekan kebersihan bagi masyarakat luas sehingga hal itu harusnya dimulai dari diri sendiri, rumah kita maupun dari kantor kita. Makanya, kita jangan berteriak orang lain untuk masalah kebersihan lingkungan dan rumah, padahal kantor kita sendiri tidak bersih,” cetusnya.

Dalam pantauan tersebut, ada beberapa ruangan kantor yang kotor dan berantakan hingga terlihat tidak bersih.

Orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua yang berhasil membawa kota Jayapura 3 kali mendapat Adipura ini langsung menegur pimpinannya dan meminta untuk segera menata ulang dan membersihkan depan ruangan.

“Harus ingat bahwa kebersihan juga akan membantu kita dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, karena ruang-ruang di tata rapi dan sejuk,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga