Wali Kota Ajak Masyarakat Selamatkan Satwa Langka

Share it:
Wali Kota saat melepas burung Cendrawasih
Jayapura, Dharapos.com
Wali kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengajak seluruh masyarakat untuk menyelamatkan beberapa satwa langka yang kini terancam punah.

Ajakan tersebut disampaikannya saat memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertempat di lapangan upacara kantor Wali Kota, Senin (6/6)

“Melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia hari ini, diharapkan untuk bagaimana kita bisa menjaga dan memelihara hasil ciptaan Tuhan,"  imbuhnya.

Wali Kota pun mengingatkan agar hewan-hewan satwa yang kini mulai terancam punah tersebut agar tetap dijaga habitatnya seperti burung khas Papua yaitu Cendrawasih.

“Burung Cendrawasih sudah mulai punah sehingga tidak boleh ada lagi yang menggunakan burung langka ini sebagai hiasan di kepala. Kita sendiri yang membunuh burung tersebut, lalu diwaktu kemudian kita hanya mendengar cerita dan menyaksikan gambar semata,” cetusnya.

Saat melepas Burung Cendrawasih, Kakatua Hitam dan Nuri, pria yang  akrab disapa BTM kembali mengajak seluruh warga masyarakat untuk turut serta menjaga dan melindungi satwa-satwa langka tersebut.

Ditambahkan pula, dulunya di kota Jayapura memiliki berbagai jenis kupu-kupu namun kini sudah tak terlihat lagi.

Lebih lanjut, jelas BTM, saat Pemkot gencar menanam pohon di wilayah hutan kritis, dimana salah satunya diharapkan bisa mengembalikan satwa tersebut, atau berbagai jenis kupu-kupu.

Juga di kawasan Kotaraja wilayah otonom, banyak terdapat kera ekor panjang. Namun dengan pembangunan yang begitu marak, sehingga hewan tersebut tidak lagi kelihatan.

Begitu pula di wilayah Argapura, terdapat dua jenis burung Cendrawasih,tapi saat ini sudah tidak terlihat lagi, akibat aksi penebangan pohon secara liar yang dilakukan warga.

“Olehnya itu, mari kita maknai Hari Lingkungan Hidup ini, dengan mencintai lingkungan dan melindungi alam di sekitar kita. Masyarakat Kota Jayapura kini mulai peduli untuk melestarikan alam,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga