Wali Kota: Guru Kunci Utama Keberhasilan di Sekolah

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano,MM saat membuka Workshop Pengembangan Kurikulum 2013
Jayapura, Dharapos.com 
Guru merupakan kunci utama keberhasilan dari sebuah proses pembelajaran di sekolah.

“Karena itu, guru tidak boleh terjebak dalam rutinitas dan formalitas, sebab masih banyak guru yang enggan mengupdate informasi atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan terkait bidang yang digelutinya," ungkap Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM pada acara Workshop Pengembangan Kurikulum 2013 bagi guru SD, SMP, SMA dan SMK Tingkat Kota Jayapura bertempat di aula  SMK Negeri 1 Dok V Bawah Kota Jayapura, Jumat (10/6).

Workshop yang diikuti 180 guru tingkat SD, SMP, SMA dan SMK ini bertujuan menghasilkan guru sasaran yang menguasai kebijakan dan konsep, serta mampu mempraktekkan Kurikulum 2013.

Yang diperlukan saat ini, lanjut Wali Kota, adalah optimalisasi peran guru di samping partisipasi dan keterlibatan semua komponen masyarakat di dunia pendidikan agar fokus mengarahkan sumber daya kependidikan untuk mengimplementasikan kurikulum.

“Kurikulum sebagai seperangkat rencana pendidikan perlu dikembangkan secara dinamis sesuai dengan tuntutan dan perubahan yang terjadi di masyarakat khususnya di Kota Jayapura, Papua Indonesia dan situasi global,” tandasnya.

Ditambahkan, pengembangan K13 adalah penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum serta pendalaman dan perluasan materi pengawasan, hingga proses pembelajaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.M.Pd kepada wartawan mengatakan peserta yang diambil untuk mengikuti Workshop adalah berdasarkan hasil dari UKG yang memiliki nilai tinggi.

“Agar betul-betul fungsi dari pada uji kompetensi guru ditindaklanjuti guna mengetahui kemampuan para guru untuk bagaimana mentransfer ilmu kepada peserta didik yang terletak di proses pembelajaran,” terangnya.

Di samping itu juga, diberikan pemahaman dan pendampingan kepada guru-guru tersebut agar mereka bisa menyosialisasikan kepada rekan guru yang lain di satuan pendidikan masing-masing.

Wayan mengharapkan hasil yang dicapai para guru adalah bisa mengaplikasikan tentang sistem penilaian, proses pembelajaran dan program yang terdapat pada kurikulum 2013.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga