Wali Kota: Remaja Adalah Generasi Penerus Bangsa

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat membuka kegiatan Advokasi Komunikasi,
Informasi dan Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)
Jayapura, Dharapos.com 
Pembangunan sektor kesehatan menjadi salah satu prioritas dalam rangka membangun manusia. Salah satunya, di kalangan usia remaja.

Menurut data sensus penduduk di tahun 2015 lalu, jumlah penduduk usia remaja sangat besar sekitar 70 juta jiwa dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 30,6 persen.

Pendampingan terhadap para remaja sangatlah penting mengingat masa remaja merupakan masa pancaroba.

Masa ini merupakan masa dimana remaja mencari identitas, jati diri dan ingin mengetahui segala-galanya dan penuh dengan tantangan.

“Sehingga sebagai penerus bangsa maka perlu dipersiapkan generasi muda yang tangguh, dan cerdas,” dorong Wali kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan pada acara Advokasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) bertempat di kantor Wali kota Jayapura, Selasa (7/6).

Ia kemudian meminta untuk segera dilakukan advokasi tentang KRR yang turut dihadiri oleh para remaja di kota Jayapura sebagai generasi penerus pembangunan.

“Bagi para remaja, ilmu dan informasi yang diperoleh pada hari ini tidak untuk diri sendiri, melainkan harus disampaikan kepada teman- teman yang lain di sekolah. Karena remaja sebagai agen penyebar informasi baik di sekolah maupun tetangga tempat tinggal,” imbuh pria yang akrab disapa BTM ini.

Ia juga mengingatkan bahwa ilmu yang diperoleh harus dibagikan kepada orang lain dan bukan untuk dirinya sendiri.

Lebih lanjut, jelas BTM, advokasi dan komunikasi yang diterapkan selain meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tetapi juga secara langsung dapat meningkatkan kesehatan dan kehidupan reproduksi dan seks remaja secara fisik tapi juga secara moral dan berbudaya.

Para peserta Advokasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE)
tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)
“Mulai hari ini remaja yang ada di kota Jayapura saya ingatkan untuk dapat membentengi diri dari godaan untuk melakukan hubungan seks sebelum menikah, seks bebas karena saudara terancam HIV/AIDS dan penyakit sosial lainnya,” pesannya.

BTM yakin masyarakat mampu untuk merencanakan masa depan yang lebih baik demi anak-anak remaja. Mereka diharapkan memiliki kondisi tubuh yang sehat, sejahtera dan bahagia.

Melihat harapan dan manfaat atas apa yang disampaikan sehingga orang nomor satu di provinsi paling timur Indonesia ini memberikan apresiasi kepada BPP-KB Kota yang memilih anak remaja sebagai sasaran utama pelaksanaan advokasi tersebut.

Dengan program prioritas yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan sasaran utama adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dan gizi termasuk kesehatan reproduksi.

Tema kegiatan ini yaitu "Generasi Berencana, Generasi Harapan Bangsa”.

Kepala BPP-KB kota Jayapura, Betty Anthoneta Puy, SE, MPA dalam laporannya mengatakan  tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada pengelola kelompok remaja dalam menumbuhkembangkan gerakan remaja, dalam menumbuh kembangkan gerakan remaja, anak sekolah dan unsur keagamaan.

Selain itu juga, untuk meningkatkan jumlah remaja dalam memperoleh pelayanan informasi dan konseling serta memperluas jejaring kerja dalam pengelolaan kelompok remaja. Kemudian, tercapainya pemahaman remaja orang tua, tokoh agama, guru terhadap Kesehatan Reproduksi Remaja.

Kegiatan ini diikuti oleh tokoh agama, guru, siswa SMA/SMK, dan kelompok remaja sebanyak 200 orang.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga