Walikota Resmikan Puskesmas Percontohan Twano Entrop

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM melakukan penandatanganan
prasasti peresmian Puskesmas Percontohan Twano Entrop 
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM meresmikan Gedung Puskesmas Percontohan Twano  Entrop, Kota Jayapura, Selasa (28/6).

Pada peresmian tersebut, sekaligus dilakukan penyerahan 13 unit kendaraan roda dua kepada Koordinator Imunisasi di Puskesmas se - Kota Jayapura dan 1 unit mobil operasi.

Walikota dalam sambutannya mengatakan pelayanan kesehatan merupakan program prioritas Pemerintah Kota dengan mengalokasikan anggaran sebesar 15 persen untuk kepentingan pelayan medis pada 13 Puskesmas di kota Jayapura.

Kesehatan, lanjutnya, sangat penting karena menjadi faktor utama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kesehatan juga adalah hak asasi dan investasi manusia, sehingga Pemerintah memprioritaskannya dalam program pembangunan di kota Jayapura. Dimana, sarana dan prasarana untuk kesehatan, turut dilengkapi dengan peralatan yang canggih yang ditempatkan pada tiap-tiap puskesmas untuk melayani masyarakat,” lanjut Wali Kota.

Dari 13 unit pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan tersebut, kini sebanyak 6 Puskesmas yang sudah melaksanakan pelayanan 24 jam.

Dan turut didukung pula dalam pelayanan di tingkat Puskesmas Pembantu, dan pelayanan melalui kader Posyandu.

Sejumlah kebijakan turut melengkapi pelayanan seperti dibukanya kelas-kelas bagi ibu hamil di setiap puskesmas, kemudian pengadaan fasilitas medis untuk memeriksa gula dara, asam urat serta alat USG bagi ibu hamil.

“Pelayanan gizi masyarakat itu penting, dan itu harus dimulai dari ibu yang mengandung, bayi yang dikandung serta ibu yang melahirkan. Semua ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu yang melahirkan, juga menurunkan  angka kematian bayi hingga menghilangkan gizi buruk anak-anak di kota Jayapura,” tandasnya.

Wali Kota saat menyerahkan kunci mobil kepada Plt. Kepala Puskesmas Twano
Wali Kota telah menyatakan komitmennya untuk berupaya semaksimal mungkin dalam rangka mencegah terjadinya gizi buruk terhadap anak-anak baik di pinggiran maupun pusat Kota Jayapura.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga serius dalam upaya mengatasi mewabahnya penyakit yang terabaikan, seperti kaki gajah, kusta dan borok dengan memberikan tanggung jawab kepada para kepala Puskesmas untuk berperan aktif.

Karena, di kota Jayapura, untuk penderita penyakit terabaikan merupakan yang tertinggi dan hal ini telah di arahkan oleh Wali Kota untuk di antisipasi saat Rapat Khusus beberapa waktu lalu bahkan jumlahnya mencapai ratusan penderita.

Dirincikan, ada yang sudah sembuh total, namun ada juga yang akhirnya meninggal serta ada yang memutuskan untuk kembali ke daerah asal.

“Saat ini pelayanan kesehatan juga harus di rubah, yakni dari rumah ke rumah. Karena Pemerintah kota tidak mempunyai rumah sakit sendiri, sementara yang ada saat ini adalah rumah sakit pemerintah provinsi maupun swasta,” dorongnya.

Ke depan, sambung BTM, pihak Dinas dan seluruh jajaran diminta untuk mempersiapkan rencana peletakan batu pertama dibangunnya RS bertaraf internasional di kota Jayapura yang berlokasi di Kelurahan Koya Barat yang akan dilengkapi fasilitas dan peralatan yang canggih.

“Nantinya akan dialokasikan dana sebesar Rp 500 miliar untuk membangun rumah sakit tersebut,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Arif Dwi Darmanto dalam laporannya mengatakan besaran anggaran yang dialokasikan bagi pembangunan Puskesmas Percontoha Twano Entrop senilai Rp. 1,05 Miliar yang dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang pelayanan dan dibangun di atas lahan seluas 3725 meter persegi.

“Untuk tenaga medis di awal pelayanan sebanyak 37 tenaga medis dan non medis,” rincinya.              

Perlu diketahui, Puskesmas Percontohan Twano  Entrop terdiri dari satu gedung utama yang di lengkapi dengan ruangan poli anak, poli umum, ruang P2M, VCT, ruang UGD dan suntik perawat.

Kemudian ruang bersalin, ruang laboratorium, juga loket kartu BPJS, Kartu KPS dan loket kartu swasta.

Juga dilengkapi satu gedung penunjang yang dilengkapi ruang pertemuan, gudang obat, ruang apotik, imunisasi dan ruang bersalin, poli gigi serta ruang informasi. Serta dilengkapi juga dengan 2 unit rumah dokter dan 2 unit  rumah perawat.

Peresmian di tandai dengan penandatanganan Berita Acara Peresmian antara walikota dan Kepala Dinas Kesehatan, penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Wali kota, sekaligus peninjauan dua gedung tersebut.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

1 comments:

Olahraga