IKEMAL Papua Safari Ramadhan Ke Yayasan Nusantara Intim Koya Timur

Share it:
Sekum IKEMAL Papua, Rasmus D. Siahaya, SH, MM (kanan) saat memberikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com 
Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Papua dan kota Jayapura melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan dan buka puasa bersama di Yayasan Nusantara Intim Koya Timur, Sabtu (2/7).

Safari Ramadhan dipimpin langsung Sekretaris IKEMAL Pusat, Rasmus D. Siahaya, SH, MM dan turut di hadiri ketua IKEMAL kota Jayapura, Bob Pattipawae serta jajaran pengurus di tingkat kota dan Provinsi Papua.

Turut hadir, Ketua Yayasan Muh Saleh Reliubun, Kepala MA YAPMI Jayapura, Andi Hakim Reliubun, para guru dan siswa siswi Madrasah Aliyah.

Siswa -siswi MA dan MTs yang hadir tersebut merupakan anak-anak yang berasal dari seluruh Nusantara.

Mengawali sambutannya, Sekum IKEMAL Papua Rasmus D. Siahaya mengungkapkan kedatangan keluarga Maluku yang ada di Tanah Papua khususnya di kota Jayapura ke Yayasan Nusantara Intim adalah dalam rangka bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama.

“Silaturahmi ini juga dengan maksud untuk membawa pesan-pesan dari leluhur kami yang telah mendahului kami. Bahwa harus ada persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan untuk saling tolong-menolong dan menjaga kerukunan. Kami harus pelihara semua itu agar tercipta sebuah kehidupan yang aman dan damai sehingga semua aktivitas kita bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Tanpa kedamaian, maka tidak mungkin masyarakat dapat melakukan aktivitas apapun.

“Kehadiran IKEMAL disini menunjukkan bahwa kami ingin ikut bersama-sama dengan sesama, siapapun dia, sebagaimana kebersamaan IKEMAL dan keluarga besar Yayasan intim yang terjalin saat ini,” tandas Siahaya.

Di samping  kedatangannya selaku anak Maluku, ia juga mengaku telah melihat kondisi yayasan tersebut yang akan menjadi perhatian dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Daerah Kota Jayapura.

Kondisi yayasan ini, lanjut Siahaya nantinya akan dicek ke Dinas Pendidikan Kota dan Kepala Distrik, terkait program-program apa saja yang telah diturunkan kepada yayasan yang sudah berkiprah puluhan tahun ini.

“Dengan kehadiran IKEMAL melalui kegiatan Safari Ramadhan ini sekaligus melihat keberadaan anak-anak dan dewan guru serta yayasan dan telah menjadi informasi yang baik untuk disampaikan kepada Pemerintah Kota Jayapura,” cetusnya.

Karena tanpa komitmen yang kuat untuk mengembangkan pendidikan, maka hasil dari yayasan tidak akan bisa bersaing dengan sekolah yang lain.

Kehadiran IKEMAL, lanjut Siahaya, untuk memberikan dorongan dan spirit serta semangat kepada yayasan dan dewan guru hingga anak-anak santri untuk tetap melakukan tugas dengan berjuang membangun masa depan melalui pendidikan.

“Untuk itu makna dan nilai ibadah di bulan suci Ramadhan ini kiranya dapat menjadi bagian penting untuk dihayati dan dijalankan sampai semua yang ada di Yayasan ini mencapai kemenangan di hari yang fitri,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Muh. Saleh Reliubun juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus IKEMAL, atas kunjungan pada Safari Ramadhan dan buka puasa bersama.

“Safari Ramadhan ini merupakan yang pertama kali dilakukan masyarakat Maluku yang ada di Papua, khususnya di kota Jayapura, dan kami berharap kedatangan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak santri,” harapnya.

Diakui Reliubun, yayasan yang dipimpinnya membina dua sekolah yaitu mTs dan MA.

“Sebelumnya masyarakat meminta dari TK, SD, SMP dan SMA, namun karena keterbatasan kemampuan yayasan sehingga hanya dua jenjang saja yang sudah berlangsung proses belajar-mengajarnya sejak 1992,” akuinya.

Ditambahkan, Yayasan ini dinamakan Nusantara Intim karena anggotanya dari berbagai suku di nusantara.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga