Kareteker Tak Berwenang Ganti Pejabat

Share it:
Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Seorang penjabat atau Kareteker tidak memiliki kewenangan atau hak untuk mengganti ataupun mengutak-atik Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) di lingkup suatu pemerintahan.

Hal ini pun telah dipertegas dengan adanya surat dari Kementrian Dalam  Negeri RI.

“Kepala Dinas, Badan, Bagian maupun Kepala Distrik, maupun para lurah tidak dapat diganti oleh seorang Kareteker. Karena kalau itu dilakukan semaunya maka akan melanggar peraturan yang di tetapkan Kemendagri RI,” tegas Wali Kota DR. Benhur Mano, MM kepada wartawan, Sabtu (9/7).

Untuk kota Jayapura, tata kelola Pemerintah merupakan yang terbaik di Papua, baik dari sisi pemerintahan, pembangunan dan juga keuangan.

“Sedangkan Kareteker hanya bertugas untuk mempersiapkan segala sesuatu menjelang Pilkada baik dari persiapan pemilihan hingga proses pemilihan Wali Kota agar pesta demokrasi ini berjalan lancar, sukses secara demokratis dan baik. Dan hal itu dipertegas dengan adanya aturan yang jelas dari Kemendagri RI, apa tugas pokok dan fungsi sebagai seorang Kareteker,” kembali tegas Wali Kota.

Kota Jayapura, lanjut dia, ibarat rumah kaca yang selalu dipantau sehingga Kareteker tidak mempunyai kewenangan untuk mengutak-atik birokrasi yang sudah di tata rapi.

Untuk itu, pria yang akrab disapa BTM ini kembali mengingatkan para pimpinan SKPD, Kepala distrik hingga Lurah untuk tetap bekerja seperti biasanya.

Sekedar informasi, masa jabatan BTM sebagai Wali Kota Jayapura akan berakhir pada 21 Juli mendatang mengakhiri kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Dr. H. Nuralam, SE, M.Si untuk periode 2011 – 2016.

Meski demikian, BTM telah memastikan untuk kembali maju bertarung pada Pilkada Kota Jayapura pada Februari 2017 mendatang berpasangan dengan Kader PAN Rustam Saru.

Kosongnya jabatan Wali Kota untuk sementara waktu akan diisi oleh penjabat atau Kareteker yang ditunjuk oleh Gubernur Papua.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga