Kesejahteraan Rakyat Harus Jadi Orientasi Konsep Pembangunan Papua

Share it:
Penduduk asli Papua
Jayapura, Dharapos.com
Konsep pembangunan ekonomi di Papua harus berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

“Hal ini sesuai dengan amanat Undang_undang Dasar 1945, dimana upaya pengembangan ekonomi masyarakat Papua yang dilakukan oleh Pemprov Papua juga diharapkan mampu mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Drs Elia I. Loupatty kepada wartawan, pekan kemarin.

Upaya ini bertujuan, mewujudkan pengelolaan SDA secara lestari guna mendukung perekonomian masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat pemilik hak ulayat serta mewujudkan iklim investasi yang kondusif.

“Salah satunya, melalui pemberian keringanan dan insentif untuk mendorong terciptanya lapangan kerja yang merata, stabilitas makro ekonomi, kapasitas dan produktivitas koperasi dan UMKM,” cetusnya.

Lanjut Loupatty, Pemprov mengakui permasalahan pembangunan ekonomi di Provinsi Papua masih terkendala pada rendahnya produktivitas pengelolaan komoditas unggulan yang terbatas pada ketersediaan teknologi produksi seperti bibit unggul, saprodi maupun saprotan.

Terbatasnya infrastruktur pendukung kegiatan ekonomi ini membuat akses produksi lokal terhadap pasar, dan lainnya menjadi terkendala.

Dijelaskan Loupatty, tantangan pembangunan lokal menuntut percepatan penuntasan masalah yang dihadapi di daerah dalam kerangka mendefinisikan arah pembangunan tersebut.

“Harus didukung dengan berbagai dokumen perencanaan yang dapat memudahkan SKPD dalam menyusun program dan kegiatan yang terpadu dan terukur sesuai dengan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

Selain itu, kata Loupatty, dibutuhkan parameter yang memudahkan kegiatan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan program yang telah diselenggarakan oleh seluruh elemen perangkat daerah.

Pemprov, hingga saat ini, terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, menjaga stabilitas harga pasokan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pembangunan serta menciptakan pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis pengembangan komoditas unggulan.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga