Masyarakat Papua Diajak Dukung “Gemarikan”

Share it:
Ilustrasi Gemarikan 
Jayapura, Dharapos.com
Masyarakat Papua diajak untuk gemar mengonsumsi ikan atau yang dikenal dengan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan)seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

“Kami sebagai orang perikanan dengan adanya pembentukan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di Kabupaten/Kota, kami sampaikan agar masyarakat dapat mengonsumsi ikan karena protein yang dikandungnya dapat membuat manusia sehat dan cerdas. Oleh sebab itu, kalau makan ikan daging putih dan ikan daging merah mengandung serapan protein,” ajak Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Drs. FX. Mote, M.Si kepada wartawan di Kantor Gubernur Papua, Jumat (1/7).

Dikatakannya, dengan mengunsumsi ikan membuat generasi penerus, dalam hal ini anak-anak Papua yang sedang dalam masa pertumbuhan menjadi cerdas.

“Program gemarikan ini, sama dengan program Gubernur yakni Gerbangmas Hasrat Papua, dimana untuk 1000 hari kehidupan karena yang makan ikan akan pintar, cerdas dan kuat, kita lihat ketika anak-anak mereka lahir sehat, cerdas dan kuat,” jelasnya.

Oleh sebab itu pihaknya mengajak masyarakat terutama anak-anak untuk makan ikan.

”Sesuai dengan filosofi kesehatan, Men Sana In Corporesano yang artinya Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” sambungnya.

Diakuinya untuk ketersediaan ikan di Papua, mantan Carateker Waropen ini mengakui, terjadi penurunan mengingat para nelayan dalam hal ini nelayan non Papua asal Bugis, Buton dan Makassar sedang menjalankan ibadah puasa 1437 Hijriah.

”Mereka (nelayan,red) kan menjalani ibadah puasa dan sebentar lagi akan Lebaran, sehingga memang ada penurunan, tetapi secara keseluruhan stok ikan yang  ada di mencukupi kebutuhan ikan di Jayapura, tetapi untuk pengiriman ke luar Jayapura, itu yang sedang kita siasati,” katanya.

Mantan Karo Humas dan Protokoler Setda Papua ini mengharapkan kepada kabupaten/kota untuk memanfaatkan subsidi transportasi yang ada untuk pemerataan konsumsi ikan.

“Kalau kabupaten/kota memanfaatkan subsidi transportasi yang diberikan, maka  pemerataan konsumsi ikan di Papua, pada intinya kami ajak seluruh masyarakat untuk makan ikan,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga