Papua Rugby Opens Turnamen Resmi Dibuka Walikota

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat melakukan tendangan pertama menandai resmi dibukanya Papua Rugby Open Turnamen yang digelar di lapangan Trikora Abepura, Sabtu (16/7)
Jayapura, Dharapos.com 
Papua Rugby Open Turnamen resmi di buka Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, bertempat di lapangan Trikora, Sabtu (16/7).

Turut hadir Kapolsek Abepura, perwakilan PT. Freeport serta seluruh tim dan atlet peserta.

Pada pembukaan tersebut juga dibarengi dengan pelantikan Pengurus PRUI Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom oleh Ketua Umum PRUI Papua, Fernando A. Y. Tinal yang ditandai dengan penyerahan SK kepada Ketua PRUI Kota dan Kabupaten Keerom.

Penyerahan bola dan piala kepada tim serta penendangan bola pertama oleh Wali Kota menandai pembukaan turnamen.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan olahraga Rugby merupakan salah satu cabang olahraga yang digandrungi negara-negara di kawasan Pasifik. Mendasari itu, Rugby juga cocok didirikan dan dikembangkan di Tanah papua.

“Saya bangga dengan Ketua Rugby Provinsi Papua yang telah mengembangkan olahraga Rugby di Papua, dimana atlet dari Merauke, Mimika dan Kota Jayapura yang berbadan kekar, tinggi dan besar sebagai atlet Rugby, sehingga lewat cabang olahraga ini Papua pantas dijuluki sebagai orang nomor satu di Indonesia,” cetusnya.

Penyerahan SK Kepengurusan kepada Ketua PRUI Kota Jayapura
Lewat open turnamen ini, Wali Kota mengaku bangga dan mengapresiasinya karena diselenggarakan di Kota Jayapura.

“Di provinsi Papua dan khususnya di kota Jayapura, olahraga lain telah berkembang maju seperti bola basket, voli, bulu tangkis dan sepak bola. Dengan perkembangan olah raga Rugby ini, maka Papua akan menambah cabang olahraga yang berpeluang masuk pada arena PON nanti,” tandasnya.

Karena itu, selaku Wali Kota, pria yang akrab disapa BTM ini mengajak seluruh masyarakat di tanah Papua, lebih khusus di kota Jayapura untuk mengenal dan mencintai olahraga Rugby, terutama para generasi muda karena ditargetkan Rugby akan di masukan pada PON 2020 di tanah Papua nanti.

Kepada pengurus terpilih, ia juga meminta agar cabor Rugby dapat dikelola dengan baik, sehingga berpeluang menjadi cabor yang besar di masa yang akan datang akan terwujud.

Di kesempatan yang sama, Ketua Rugby Papua, Fernando A. Y. Tinal, mengatakan olahraga ini bukan baru dilakukan namun sudah tampilkan pada Piala Dunia dan turut diikuti oleh atlet sekitar negara Pasifik.

Wali Kota dan Ketua PRUI Provinsi Papua foto bersama dengan tim yang akan tampil dalam laga pembuka
“Termasuk juga di Papua yang sudah menembus tim nasional bahkan mewakili Indonesia di kancah Nasional,” lanjutnya.

Tinal juga berpesan kepada para pemain dalam bertanding dapat menunjukkan sikap sportivitas yang tinggi serta tunjukan ke khalayak umum bahwa Rugby menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa menjadi Ikon ke depan terutama Tanah Papua.

“Rugby adalah salah satu cabang olahraga yang harus diperhatikan dan nantinya akan dijadikan ajang seleksi bagi Papua yang akan mengadakan eksebisi di Jawa Barat pada PON XVI September mendatang,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Papua Rugby Open Turnamen, Adolf Siahay juga dalam laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan turnamen ini agar para pemain sebagai atlet ke depan diharapkan menjadi salah satu unsur pengembangan sumber daya manusia di bidang olahraga khususnya bagi masyarakat Kota Jayapura.

“Dan sebagai sarana promosi daerah dan hiburan dari masyarakat di provinsi Papua khusus kota Jayapura,” tukasnya.

Turnamen diikuti oleh Kabupaten Mimika, Kota Jayapura, West Tiger PNG, Jakarta, dan Bali.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga