Pemkot Gelar Halal Bi Halal ASN, TNI - POLRI, DPRD dan Masyarakat

Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota menggelar Halal Bi Halal bersama Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI - POLRI, DPRD dan masyarakat di Kota Jayapura.

Acara yang digelar dalam rangka mempererat tali silaturahmi ini, bertempat di gedung Serbaguna Sian Soor kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (13/7).

Pada momen tersebut juga sekaligus Wali Kota mempersembahkan Musholah bagi ASN  Muslim di jajaran Pemkot yang ditandai dengan peletakan batu pertama Musholah Al’ Iman.

Nama tersebut diambil dari nama Nur Alam yang disingkat Al serta Iman yang diambil dari nama Tomi Mano.

Tema yang diusung dalam acara tersebut “Halal Bi Halal Mempererat Silahturahim Antar Umat Beragama Guna Mewujudkan Kota Jayapura yang Beriman“.

Seluruh ASN dan para tamu undangan dari TNI - POLRI, DPRD dan warga masyarakat
Hadir pada momen  keagamaan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM, Ketua MUI Kota Jayapura, para Asisten, Staf Ahli, perwira TNI dan POLRI, serta masyarakat dan seluruh ASN di lingkup Pemkot.

“Halal Bi Halal yang dilaksanakan ini dapat menginspirasi kita selaku hamba-hamba Tuhan untuk menjadi pribadi yang sabar dan pemaaf, karena manusia tempat salah dan khilaf,” ungkap Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengawali sambutannya.

Dikatakan, satu bulan penuh umat Muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan, merupakan satu bentuk ibadah yang teramat berat dalam menahan makan dan minum, sejak terbit fajar pagi sampai terbenamnya.

Meskipun, selama 30 hari secara fisik terasa berat, namun secara iman ibadah puasa telah di jalankan dengan mudah.

Esensi dari puasa adalah Tuhan memberikan pelajaran tentang pengendalian diri dan kesabaran hidup terkontrol serta hidup yang berimbang dengan nilai-nilai agama yang luhur.

Peletakan batu pertama pembangunan Mushola Al'Iman oleh Wali Kota  
“Ajaran Islam yang di bawakan oleh Nabi Muhammad intinya ada dua hal yang diketahui oleh saya, yaitu kasih sayang untuk semua alam semesta dan budi pekerti atau akhlak manusia harus baik atau beriman kepada Tuhan sang pencipta. Juga harus berakhlak baik kepada sesama manusia tanpa membedakan suku, bangsa dan agama sehingga menjadikan Islam itu indah.  Dan saya setuju 100 persen bahwa Islam itu memang indah,“ ucapnya.

Jika dijalankan secara paripurna bahkan sudah terbukti dan ternyata Islam di Papua khususnya di kota Jayapura begitu indah dimana tidak ada tirani mayoritas dan presure mayoritas, sehingga toleransi antar umat beragama berjalan begitu baik dan damai.

"Sehingga hal yang baik ini terus kita lanjutkan,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga mengajak seluruh komponen masyarakat bersama pemerintah, TNI dan POLRI, untuk tetap menjaga keutuhan dan kebersamaan.

“Jangan ada yang mudah terprovokasi dan diadu domba dengan isu-isu yang menyesatkan demi menjaga toleransi antar umat beragama di Kota Jayapura,” pesannya.

Wali Kota juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat  untuk hidup rukun dan damai, serta terus menjaga kebersihan dan keindahan kota ini.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga