Pemkot Pastikan Kerusakan Produk Tidak Ada Unsur Sengaja

Share it:
Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura telah memastikan tak ada unsur sengaja dari para pedagang atau pengusaha terkait ditemukannya kerusakan pada beberapa produk yang dijajakan, salah satunya seperti buah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM usai memimpin inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh Pemkot  jelang perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah, Sabtu (2/7).

“Produk yang rusak memang kita temukan di beberapa tempat seperti buah saat sidak kemarin namun saya pastikan bahwa penemuan tersebut bukan hal yang sengaja dilakukan para pengusaha,” ungkapnya.

Diakuinya, saat produk tersebut tiba pada pagi harinya di supermarket langsung  dilakukan pembongkaran.
Kemudian tanpa disortir,  produk-produk tersebut disalurkan ke berbagai los sehingga terkadang ditemukan ada satu atau dua buah yang rusak yang tidak di ketahui sebelumnya.

Apalagi, menjelang hari raya Idul Fitri  banyak konsumen yang datang untuk berbelanja sehingga baru diketahui jika ada beberapa buah yang telah mengalami kerusakan.

Menyikapi kondisi ini, Pemkot telah menyarankan, agar produk yang tidak layak jual segera di pindahkan.

Sementara itu, terkait  Mega Waena, Sekda mengaku telah menginstruksikan Kepala Dinas Perindagkop Kota memanggil pihak pengelola pusat perbelanjaan tersebut untuk diberikan peringatan.

Pasalnya, saat sidak ditemukan beberapa buah dan makanan yang telah rusak namun masih saja dibiarkan terpajang di tempat penjualan. Dan ada beberapa bagian di etalase yang telah di ambil sampelnya untuk di teliti lanjut oleh Balai POM.

Selain itu juga, pengaturan barang di etalase dan suhu udara kurang, sehingga Kadis Perindagkop diminta untuk melakukan pembinaan dan pendampingan dengan maksud agar penjualan di benahi lagi.

Tetapi apabila Pemkot kembali lakukan sidak dan masih ada temuan maka akan diberikan teguran. Dan kalau teguran juga tidak diindahkan maka SITU dan SIUP akan ditinjau kembali tapi dilakukan bertahap.

“Kami dari tim Pemerintah kota bersama Balai POM turun ke sejumlah pasar dan supermarket untuk memastikan situasi bahan pokok yang ada dengan berbagai persiapan dan stok minuman. Namun semuanya aman menjelang hari raya Idul Fitri,” cetusnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekda meminta masyarakat Muslim yang sementara menjalankan ibadah puasa dan tinggal beberapa hari lagi akan merayakan lebaran,  agar tidak panik, karena semua barang tersedia.

“Dari sisi harga juga cukup stabil sehingga diharapkan umat Muslim di kota Jayapura dapat menikmati hari
sukacita dengan tenang, aman, damai dan nyaman. Bahkan kota Jayapura juga dalam situasi kondusif agar hari baik ini, dapat dilewati dengan sukacita,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga