Pemprov Papua Harapkan Peran PDHI Soal Pemerataan Tenaga Dokter Hewan

Share it:
Drs. Elia L. Loupatty, MM 
Jayapura, Dharapos.com
Pengurus Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Papua juga memiliki peran untuk membantu Pemerintah mendorong pemerataan tenaga dokter hewan di kabupaten/kota di Papua.

“Kehadiran PDHI Cabang Papua ini kami harapkan berperan penting, selain menjadi mitra strategis bagi pemerintah daerah, kita juga harapkan dapat mendorong pemerataan dokter hewan di seluruh kabupaten,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Drs Elia I Loupatty, MM usai kegiatan resmi Seminar Regional Tahap Kedua Hasil Pemantauan Daerah Sebar Hama Penyakit Karantina Se Papua dan Papua Barat di Hotel Aston Jayapura, Rabu (13/7), malam.

Menurutnya, PDHI Papua juga diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus di Papua untuk menjadi dokter hewan terutama untuk daerah pegunungan yang hingga kini baru tercatat 1-2 dokter hewan, padahal ada 29 kabupaten/kota di Papua yang membutuhkan dokter hewan.

“Dalam kegiatan ini saya baru lihat satu dokter hewan asal pegunungan, ini merupakan hal tepat, diharapkan ke depan keberadaan PDHI dapat menginspirasi anak-anak yang saat ini telah kuliah dan akan menjadi dokter hewan kelak,”imbuh Elia Loupatty.

Mewakili Pemprov, Elia Loupatty juga menyampaikan selamat kepada pengurus PDHI Cabang Papua yang dipimpin oleh drh Laode M Mastari,MM.

”Kami harapkan PDHI dapat menjadi mitra strategis dari pemerintah dalam pembangunan di bidang peternakan dan kesehatan hewan di Papua,”ujarnya.

Loupatty juga mengharapkan PDHI mampu mengemas progress pembangunan petenakan agar dapat menarik investor untuk berivestasi di bidang peternakan.

Sementara itu, Ketua PDHI Cabang Papua, drh. Laode M Mastari,MM menyebutkan bahwa kehadiran PDHI Papua sejatinya menjadi mitra strategis dari pemerintah daerah dalam bidang peternakan dan kesehatan hewan.

“Kami juga membentuk ranting sesuai dengan wilayah adat di Papua, ini dilakukan dalam rangka mendekatkan pelayanan sesuai dengan tugas kami,”bebernya.

Senada dengan itu, Ketua Pengurus Besar PB PDHI, DR, drh Heru Setiyanto,PA Vet (K) mengharapkan agar kepengurusan baru mampu melanjutkan tongkat estafet yang telah dirintis oleh drh. Constant Karma.

”Kami pengurus pusat menyampaikan terima kasih kepad pak Constant Karma yang mana mampu mengembangkan tugas dengan baik,”ujarnya.

Heru membeberkan bahwa dokter tidak semua dokter hewan mengurus hewan yang sama mengingat ada bermacam-macam hewan yang diurus seperti dokter hewan yang mengurusi hewan peliharaan maupun hewan eksotis, ada dokter hewan yang mengurus satwa liar yakni dokter hewan yang bekerja di Dinas Kehutanan, ada dokter hewan yang mengurus hewan akuatik, ada dokter hewan yang mengurus hewan di labolatorium.

“Tugas rekan-rekan ini kan unik jadi memang mereka ini bekerja sesuai dengan hewan yang ditangani,”jelasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga