Potensi Ekonomi Masyarakat Kampung Harus Dikembangkan

Share it:
Kepala BPMPK Kota Jayapura, Daniel Mano saat menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat
Jayapura, Dharapos.com
Perekonomian masyarakat di kampung memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Artinya ekonomi apa yang masyarakat di kampung harus kembangkan karena potensi itu masih ada baik secara individu untuk keluarganya begitu pula dalam kelompok harus  berkembang untuk terus berputar dan berproduksi,” ungkap Kepala BPMPK Kota Jayapura, Daniel Mano saat menyampaikan sambutannya pada acara Bimtek Pengelolaan dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Ekonomi dan Penyerahan Bantuan Stimulan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Kampung Kota Jayapura.

Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Musi Entrop Lantai II, Senin(18/7) akan berlangsung selama 3 hari, dan dibuka secara langsung oleh Kepala BPMPK Kota ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penabuhan tifa.

“Di sisi yang lain juga kalau usaha di dalam kelompok semakin meningkat, maka saya rasa angka pengangguran di Kota Jayapura akan berkurang,” tandasnya optimis.

Diingatkan pula, agar semua materi yang di berikan oleh narasumber dapat di simak dengan baik dan dapat di kembangkan di tempat tinggal masing-masing.

Peserta Bimtek
“Demikian pula, bantuan yang telah di berikan bagi tiap kelompok agar bisa di pergunakan dan dikelola secara maksimal untuk mencapai hasil yang lebih baik,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua panitia dalam laporannya, Henni Muloke, S.IP mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong peningkatan pengetahuan teknis pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumber daya ekonomi untuk tercapainya kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kampung.

“Yakni turut memberdayakan partisipasi masyarakat kampung dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Jayapura, untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan sumberdaya ekonomi nasional, baik potensi maupun peningkatan kapasitas masyarakat kampung,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk penerima manfaat terdiri dari pelaku usaha produktif sebanyak 10 orang yang telah mengikuti pelatihan selama satu minggu di Kota Malang pada 2015.

Kemudian, kelompok usaha ekonomi produktif UEP binaan BPMPK Kota Jayapura di kampung yoka dan kampung Waena sebanyak 19 orang.

Sedangkan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek sebanyak 154 orang terdiri dari Kepala Pemerintahan Kampung sebanyak 14 orang, Ketua Bamuskam 14 orang, Sekretaris Bamuskam 14 orang serta tokoh agama,  adat, masyarakat, pemuda dan tokoh perempuan sebanyak 112 orang.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga