Wali Kota Apresiasi Kinerja Kepala Distrik Japsel

Share it:
DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com
Wali Kota DR. Benhur Tomy Mano, MM mengapresiasi kinerja Kepala Distrik Jayapura Selatan Djong Makanuay yang baru beberapa bulan di lantik namun bisa secepatnya menata ruang tempatnya bekerja dengan bagus, terbuka dan transparan untuk melayani masyarakat

Di temui sejumlah wartawan, Wali Kota menegaskan Distrik Japsel akan menjadi contoh dan model dalam pemberian pelayanan pengurusan dokumen kependudukan seperti e-KTP, kartu keluarga maupun surat-surat lainnya.

Juga dalam pengurusan berbagai perizinan tertentu dengan menonjolkan lingkungan yang bersih sehingga pelayanan yang berikan secara langsung bisa menyentuh kepada masyarakat.

“Distrik ini bisa menjadi contoh dan model bagi distrik yang lain yang ada di Kota Jayapura dengan tak ketinggalan pula di dukung oleh SDM serta Lurah maupun RT dan RW,” tandasnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Distrik Japsel Djong Makanuay yang di temui sejumlah wartawan mengungkapkan Distrik Japsel mempunyai line out yang mengacu pada Permendagri No 4 Tahun 2010 terkait pelayanan terpadu untuk kecamatan.

“Dan ini adalah aturan UU dimana untuk Indonesia Timur ini belum ada satu kecamatan atau distrik yang menerapkan sistem pelayanan terpadu administrasi satu kecamatan. Baru Distrik Jayapura Selatan,” sambungnya kepada wartawan, Sabtu (16/7).

Makanuay mengakui, Wali Kota telah berkenan memberikan izin kepada Distrik Japsel sebagai distrik pertama di bagian timur Indonesia yang akan melakukan adopsi pelayanan terpadu kecamatan dan akan berkolaborasi dengan Kabupaten Sragen untuk mengembangkan sistem pelayanan.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan perjalanan ke Sragen untuk melakukan prosedur pelayanan terpadu administrasi kecamatan. Hal ini adalah untuk bagaimana memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat di Japsel.

“Kalaupun itu sampai di terapkan di tahun depan maka ada dua produk pelayanan yang akan kami lakukan yaitu perizinan dan nonperizin. Soal perizinan ini akan dilimpahkan Wali Kota melalui instansi terkait yaitu BPPTSP sehingga mempermuda masyarakat di Japsel untuk mengurusnya.

Ditambahkan, untuk tahun depan, pengurusan e-KTP akan dipusatkan di Distrik Japsel sehingga warga tidak lagi ke kantor Wali Kota. Selain itu juga bisa mengurangi biaya, dan jarak tempuh.

“Sementara ini, infrastrukturnya sudah kami kerjakan sesuai dengan standar paten. Setelah itu kami akan mendatangi Pemerintah Kabupaten Sragen dalam rangka kerja sama dan menjajaki sistem pelayanannya sekaligus tahun depan juga, kami akan mengirimkan staf distrik untuk magang selama seminggu,” tukasnya.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga