Wali Kota Resmikan Gedung Ruang Kelas - Asrama Badan Diklat

Share it:
Penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Walikota DR. Benhur Tomi Mano, MM resmikan gedung ruang kelas dan asrama Badan Diklat Kota Jayapura, Rabu (13/7).

Pada momen yang sama sekaligus dilakukan Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III, IV Kelas Mandiri serta Prajabatan Golongan III, II, I K2 Tingkat Kota Jayapura.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, Ketus Klasis GKI Kota Jayapura, perwira TNI, Asisten III Setda Kota Jayapura, sejumlah kepala SKPD, serta para peserta diklat.

Pelaksanaan Diklat tersebut menindaklanjuti Peraturan Wali Kota Jayapura Nomor 14 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Diklat Pola Satu Pintu di lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

Melalui Diklat tersebut, peserta diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sesuai bidang tugas dan tanggung jawab serta untuk memberikan bekal pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai Aparatur Sipil Negara.

Penyematan tanda peserta Diklat
Jumlah peserta sesuai laporan Kepala Diklat Kota Jayapura DR. Robert  J. Betaubun M.Pd, adalah sebanyak  945 orang yang terdiri dari Diklat Prajabatan periode I sebanyak 547 orang, periode II sebanyak 398 orang.

Sementara, pembangunan gedung ruang kelas, TA 2015 menelan anggaran sebesar Rp 3.197.378.000,- dan tahun 2016 sebesar Rp 5.183.643.000,-

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan ASN diharapkan dapat berkiprah dalam memecahkan permasalahan -permasalahan yang dihadapi oleh bangsa.

“Jika kinerja ASN dapat terakumulasi bersama pelaku pembangunan di sektor swasta dan masyarakat maka negara akan maju,” cetusnya.

Ditegaskan pula, ASN tidak serta merta dapat muncul begitu saja. Dimana kompetensi akan diperoleh melalui program pendidikan dan pelatihan kota Jayapura.

Disamping itu, pekerjaan pembangunan fisik dan sumber daya manusia (SDM) yang dididik harus benar-benar harus menjadi output positif bagi pengembangan karier pemerintah.

Aparatur pemerintah saat ini, lanjut Wali Kota, dituntut harus bekerja secara profesional di bidangnya. Hal ini sesuai tuntutan Peraturan Pemerintah yang dikeluarkan sebagai dasar yakni UU No. 5 Tahun 2014, tentang ASN.
Peserta Diklat

Dan Diklat prajabatan merupakan pembentukan awal bagi para calon ASN, yang diatur dalam Perda LAN nomor. 10, 15 dan 16 Tahun 2015 dimana Diklat ditujukan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi serta nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab.

Bagi peserta Diklat, Wali Kota minta dapat mengikuti semua kegiatan sesuai jadwal yang ditetapkan karena tahapan yang dilalui akan semakin berat terhadap pola pendidikan dan pelatihan yang baru tersebut.

“Untuk Diklat Prajabatan, bahwa sebagai calon ASN, saudara telah memilih profesi sebagai aparatur pemerintah untuk menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang harus mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan,” tegasnya.

ASN harus memiliki sikap mental yang baik serta perilaku yang terpuji sehingga jika terwujud maka akan tercipta ASN yang betul-betul mempunyai komitmen untuk berkompetensi secara profesional.

Peresmian gedung ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota, dan pembukaan Diklat ditandai dengan penabuhan tifa.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga