Wali Kota Serahkan Bantuan Dana Program Prospek

Share it:
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM foto bersama dengan para penerima manfaat
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM menyerahkan bantuan dana program prospek Pemerintah Kota Jayapura Tahun Anggaran 2015 kepada para penerima manfaat masyarakat Kampung Tobati, Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (9/7).

Penyerahan tersebut bertempat di Kampung Tobati turut dihadiri Kepala Kampung Tobati, Jaad De Roi Mano, Ketua Komisi A DPRD Kota Mukri Hamadi dan anggota DPRD Kota, Jhon Betaubun, sejumlah kepala SKPD, dan Kepala Distrik Jayapura Selatan D. Makanwai serta masyarakat setempat.

Bantuan tersebut diantaranya, keyboard, kulkas, gitar,dan peralatan lain.

“Penyerahan bantuan ke depan tidak boleh terlambat dan harus tepat waktu, tepat jumlah dan tepat biaya serta tepat di berikan kepada orang yang membutuhkan bantuan. Dan bagi mama-mama dan bapa-bapa penerima  bantuan agar  dapat menggunakan dengan baik,” pesan Wali Kota mengawali sambutannya.

Ia mengingatkan para petugas yang melakukan pendataan agar dilaksanakan dengan baik sehingga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat tepat diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

“Kalau mereka butuh tambak, kita berikan tambak dengan ikan dan makanannya, juga kalau mereka minta babi, kita berikan dan juga dibuatkan kandangnya,” cetusnya.

Pada bulan Agustus mendatang, 14 kampung di kota Jayapura akan mendapatkan bantuan dana desa sekitar Rp 5-6 miliar. Bahkan nilainya sangat besar dibanding jumlah kepala keluarga yang ada.

Wali Kota juga telah mengarahkan agar penggunaan dana-dana tersebut dibicarakan dengan baik.

“Dana sebesar ini akan diperuntuhkan untuk apa dan harus di data sesuai kebutuhan bukan atas keinginan.
Apalagi dana yang cukup besar ini masih di luar dari dana DP2K sebesar Rp250 juta sehingga harus di bicarakan dengan baik antara warga masyarakat, Ketua RT/RW, pihak gereja, ondoafi, dan tokoh-tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Tahun depan, Kampung Enggros dan Tobati juga diusulkan sebagai desa wisata, sehingga perlu dilakukan penataan secara baik.

“Nantinya akan dibangun tambak-tambak ikan, penataan dengan bunga, dan sejumlah penginapan, yang akan ditangani masyarakat di kedua kampung bertujuan memajukan ekonomi warga, karena kawasan wisata dua kampung ini dikelola sendiri oleh masyarakat setempat,” lanjutnya.

Kepala Kampung dan Bamuskam, diminta duduk bersama untuk membicarakan program-program serta manfaat begitu pula potensi apa yang akan dimiliki masyarakat di kampung untuk di data dengan baik pada setiap mata rumah.

“Apabila ada masyarakat yang membutuhkan uang, maka harus disiapkan seperti SPP mulai tingkat SD sampai perguruan tinggi. Kalau ada masyarakat yang memiliki keahlian di bidang usaha ikan, maka kita siapkan jaring, jhonson, yang mana semua lengkap diberikan. Dengan demikian kita telah  menurunkan angka kemiskinan di kota Jayapura,” paparnya.

Selain itu, yang harus diperhatikan pula terkait akses jalan di atas kampung Tobati agar dipasangkan atap sehingga ketika terjadi hujan, masyarakat tetap terlindung saat berjalan di bawahnya tanpa takut akan basah.

“Dengan dana desa itu juga, kita mungkin akan menggantikan rumah beton atau semua atap seng di  cat satu warna agar lebih indah bila dipandang dari ketinggian jalan Skyline serta pemasangan lampu jalan di kampung. Saat ini, KPK dan Bamuskam sudah harus membuat program dan peraturan kampung,” imbuh Wali Kota.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga menitipkan kepada warga kampung Gereja Pentakosta dan GKI yang ada di kawasan tersebut agar tidak boleh kosong pada hari Minggu dengan kehadiran semua warga kampung untuk beribadah.

“Jemaat harus rajin beribadah sehingga kampung Tobati diberkati Tuhan dan terjadi perubahan besar di kampung ini,” cetusnya.

Orang nomor satu di ibukota Provinsi Papua ini pada kesempatan tersebut juga meminta secara khusus kepada KPK Jaad De Roi Mano dan istri untuk tetap tinggal di kampung memperhatikan kepentingan warga. Begitu juga dengan istrinya selaku ketua Tim Penggerak PKK Kampung Tobati karena program PKK harus berjalan.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga