Detik-detik Proklamasi RI ke 71 di Kota Jayapura Berlangsung Khidmat

Share it:
Detik-detik pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera    

Jayapura, Dharapos.com 
Detik-detik Proklamasi yang diperingati Pemerintah Kota Jayapura dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 71 berlangsung khidmat.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi tersebut berlangsung di lapangan Trikora, Distrik Abepura Kota Jayapura, Rabu (17/8).

Tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup), Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM.
Ada yang berbeda dalam peringatan kali ini.

Karena untuk pertama kalinya, Plh Wali Kota yang juga Sekretaris Daerah Kota Jayapura menjadi Irup pada momen nasional tersebut pasca berakhirnya masa jabatan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakilnya Dr. H. Nuralam, SE, M.Si pada 21 Juli lalu.

Plh. Wali Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara
Tema nasional yang diusung dalam peringatan tahun ini "Indonesia Kerja Nyata".

Peserta upacara terdiri dari unsur TNI-POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot, dan ribuan pelajar dari semua tingkatan.

Tak ketinggalan, semua sisi lapangan dipadati masyarakat kota Jayapura yang berbondong-bondong hadir sejak pukul 07.00 WIT untuk menyaksikan peringatan Detik-detik proklamasi.

Begitu pula para tamu undangan yang telah mengambil posisi mereka sesuai kursi undangan.

Selaku Perwira upacara, Kompol Martha S. Tolau, sedangkan untuk Komandan Upacara AKP. James Tegay, SIK.

Ketua DPRD Kota Jayapura Ny Lievelien Ansanay selaku pembaca teks Proklamasi, sedangkan Pembacaan UUD 1945 dipercayakan kepada Ketua KNPI Kota Jayapura.

Momen penyerahan bendera Merah Putih kepada salah satu paskibra untuk selanjutnya dikibarkan 
Peserta upacara terdiri dari  gabungan personel TNI sebanyak 4 peleton, POLRI (2), Satpol PP kota Jayapura (2), IPDN (2), ASN kota Jayapura (6), PGRI (2), OKP Mahasiswa (4), pelajar (6) dan Tim Korsik 1 peleton.

Sementara untuk tamu undangan dari unsur Muspida Kota, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, Kepala SKPD serta tamu undangan lainnya dari berbagai unsur juga anggota DPRD serta para ketua Fraksi.
Pantauan media ini, Plh. Wali Kota dan Muspida kota tiba di lapangan upacara tepat pukul 09.53 WIT.

Tepat pukul 10.00 WIT, berlangsung detik-detik proklamasi yang ditandai dengan dentuman bom sebanyak 17 kali yang diikuti dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dari Irup kepada pasukan pengibar bendera untuk selanjutnya dikibarkan.

Perlu diketahui, mereka yang terpilih sebagai pasukan pengibar merupakan hasil seleksi oleh tim pelatih dan menjalani pelatihan selama 1 bulan dalam  Instruktur Aipda. M. Arfan, anggota Satuan Brimob Polda Papua.

Ratusan ASN Pemkot Jayapura saat menjadi peserta upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71
Usai pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Irup dengan diiringi tim Korsik dari TNI-AL.

Dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua KNPI Kota Jayapura.

Upacara berlangsung khidmat, dimana para peserta upacara, tamu undangan bahkan masyarakat mengikuti seluruh rangkaian upacara hingga selesai dengan baik.

Seusai upacara, dilanjutkan dengan penganugrahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor: 55 /TK/ tahun 2016.

Satyalancana yang diberikan oleh Presiden RI untuk menghargai CPNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila dan UUD 1945, Pemerintah serta dengan penuh pengertian, kejujuran kecakapan dan disiplin serta terus-menurus paling singkat 10, 20 dan 30 tahun.

Para tamu undangan pimpinan institusi dan lembaga yang turut hadir pada upacara HUT RI ke 71  
Penerima Satyalancana diantaranya Plh Wali Kota Rasmus Siahaya, SH, MM yang telah mengabdi selama 30 tahun yang penyerahannya dilakukan  oleh Ketua DPRD kota Jayapura Ny. Lievelien Ansanay.

Selain Plh Wali Kota yang juga Sekretaris Daerah Kota Jayapura, penghargaan Satyalancana ini juga diberikan kepada beberapa SKPD, Kepala Bagian, Kepala Bappeda dan ASN yang telah mengabdi selama  10 dan 20 tahun.

Disamping itu juga dilakukan Launching Kartu Identitas Anak (KIA) yang ditandai dengaan penyerahan kartu bagi 23 anak yakni  untuk tingak PAUD sebanyak 7 orang, SD (12), SMP (5), dan SMA senyak 2 orang.

Acara tersebut dirangkaikan dengan aktrasi Marching Band dari SMA Negeri 4 Jayapura.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga