Pameran Pembangunan Kota Jayapura Resmi Ditutup

Share it:
Penabuhan tifa oleh Plh Wali Kota rasmus D. Siahaya, SH, MM menandai pentutupan pameran pembangunan
Jayapura, Dharapos.com
Pameran Pembangunan Kota Jayapura yang berlangsung sejak 13 – 16 Agustus 2016 resmi ditutup.

Penutupan kegiatan yang dilaksanakan  Pemerintah Kota melalui Bagian Humas dan Protokoler Setda Kota Jayapura dilakukan oleh Plh Wali Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM.

Plh Wali Kota daIam sambutan mengungkapkan Indonesia telah merdeka dan kini bersama-sama memperingati 71 tahun kemerdekaan dibawa sorotan tema “Indonesia Kerja Nyata“.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kota harus menyatakan apa yang telah dikerjakan sebagai sebuah pertanggungjawaban nyata Kepada seluruh masyarakat kota Jayapura. Dimana hal tersebut dilakukan dalam bentuk memamerkan semua program kerja nyata melalui pameran pembangunan,“ ungkapnya pada acara penutupan Pameran Pembangunan Pemkot Jayapura, Selasa (16/8).

Sejak pembukaan hingga hari keempat, diakui Plh Wali Kota, di sana sini masih terdapat kekurangan dan kelemahan.

“Tetapi tidak bisa kita sangkali bahwa pemeran ini juga merupakan sebuah langkah maju yang kita lakukan mulai dari tahun-tahun sebelumnya, sampai dengan tahun 2016 ternyata ada peningkatan maupun berbagai masukkan, kritik, saran dan pendapat yang telah diterima oleh masing-masing stan pameran,” akuinya.

Plh Wali Kota berharap, apa yang menjadi kritikan dan masukkan akan menjadi kenyataan pada pelaksanaan event yang sama diwaktu mendatang.

“Saya juga ingin menambahkan bahwa pameran ini awalnya diperkirakan berlangsung 3 hari tapi karena tuntutan atau animo masyarakat yang begitu tinggi sehingga panitia dan penanggung jawab merestui untuk menambah lagi sehari pelaksanaannya,” lanjutnya.

Ketua Panitia Rocky Bebena saat menyampaikan laporan kegiatan
Setelah memperhatikan apa yang telah dipamerkan ternyata begitu besar animo masyarakat untuk menyaksikannya hingga malam penutupan ini, sehingga ke depannya waktu pelaksanaan pameran akan ditambah.

“Apa yang menjadi catatan untuk diperbaiki pada pameran di tahun-tahun berikut agar menjadi perhatian seluruh peserta sehingga nantinya pemeran ini akan lebih ramai lagi dan memberikan peningkatan ekonomi masyarakat di kota Jayapura,” harap Plh Wali Kota.
Dirinya mengharapkan Kepada seluruh masyarakat kota Jayapura untuk tetap berkomitmen meneruskan pembangunan ini.
"Kota Jayapura akan lebih baik lagi hari ini dari hari kemarin dan hari esok lebih baik lagi dari hari ini," tandasnya

Plh Wali Kota juga pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta karena telah berpartisipasi dan berperan aktif untuk memamerkan hasil hasil kerja nyata melalui stan-stan yang telah disediakan.

Diakhir sambutannya, Plh Wali Kota menegaskan suksesnya penyelenggaraan pameran yang digelar Pemkot sejak hari pertama hingga keempat atau penutupan karena penyertaan Tuhan sehingga pameran yang berlangsung boleh berjalan dengan aman, tertib, lancar dan damai.

Bersamaan itu pula, Plh Wali Kota dan Muspida didaulat menyerahkan piala bagi peserta atau SKPD yang berhasil keluar sebagai juara pada penilaian pameran tersebut.

Ketua Panitia Rocky Bebena dalam laporannya mengatakan jumlah peserta yang mendaftar berjumlah 134 stan yang, berasal dari BUMN/BUMD dan SKPD, kelompok wanita, kelompok-kelompok usaha masyarakat .

Penyerahan hadiah bagi para pemenang oleh Plh Wali Kota
Beberapa stan yang ramai dikunjungi masyarakat yaitu Dinas Kesehatan Kota Jayapura. Yang mana sejak hari pertama hingga malam penutupan terjadi peningkatan pelayanan, yaitu sebanyak 1.729 pasien, dengan rincian pemeriksaan darah dan kolesterol 745 orang, asam urat 310 orang, gula darah 275 orang dan pencegahan kaki gajah 165 orang.

Untuk pengobatan umum lainnya 548 orang dilayani oleh 11 mobil Puskesmas keliling secara bergantian
setiap hari.

Kemudian Dispendukcapil Kota dari hari pertama hingga malam penutupan melayani sebanyak 390 orang, yakni perekaman e-KTP 105 orang dan akte kelahiran 215 orang. Dinas Tenaga Kerja melakukan pelayanan 80 kartu tanda pencari kerja atau kartu kuning sedangkan BPTSP sebanyak 65 pelanggan yang mengambil formulir.

Sementara Dispenda Kota Jayapura melakukan pelayanan loket PBB 30 wajib pajak yang langsung membayar dengan jumlah Rp 3. 180.655,-

Selanjutnya, stan Polres Jayapura kota melakukan pelayanan sidik jari sebanyak 50 orang dan kotak saran kinerja polisi dari pengunjung 79 lembar,  Bank Pembangunan Daerah melayani pembukaan tabungan baru 7 nasabah dan pelayanan setoran tabungan 16 nasabah, BRI melayani pembukaan tabungan baru SMS banking dan setoran tabungan 20 nasabah.

Untuk PDAM terjadi permintaan pelanggan penyambungan baru sebanyak 72 pelanggan, stan Direktorat Jenderal Pajak Wilayah Papua dan Maluku, KPP Pratama Jayapura sebanyak 71 konsultasi Amnesti Pajak

Lebih lanjut, ungkap Bebena, transaksi bernilai ekonomi yang terdapat di panitia selama pelaksanaan Pameran Pembangunan kota Jayapura tahun 2016 sebesar Rp.546 .202.000,-

Dispenduk dan Disperindagkop Kota Jayapura dari hasil cafe dan aksesoris sebesar Rp 29.299.000,-

Dinas Pendidikan hasil karya SMA 4 dan SMK 5 Jayapura sebesar Rp 1.335.000,  salon dan waria sebesar Rp 1.800.000. Sementara, stan otomotif Daihatsu terjadi transaksi 2 unit dan Toyota satu unit sebesar Rp 500 juta.

“Untuk pelaksanaan pameran ini juga, masyarakat meminta agar di tahun-tahun mendatang waktu pelaksanaannya ditambah menjadi 5 sampai 7 hari,” pungkasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga