Pemkot Fokus Tangani Anak-anak Jalanan

Share it:

Kepala BPP - KB Kota Jayapura, Betty A. Puy, SW, MPA
Jayapura, Dharapos.com 
Banyaknya anak jalanan yang terlihat di Terminal Entrop, Distrik Entrop, yang berkeliaran kini menjadi fokus perhatian Pemerintah Kota Jayapura.

Bahkan, aktivitas anak-anak tersebut diwarnai dengan kebiasaan buruk menghirup lem aibon.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP - KB) Kota Jayapura, Betty A.Puy, SW, MPA, menegaskan aksi Pemerintah Kota untuk mengatasi kondisi itu dengan melakukan upaya pencegahan melalui Pokja Pengarusutamaan Gender, yang mana di situ ada lintas SKPD.

BPP – KB Kota, juga dinas terkait baik Pendidikan, Kesehatan maupun Dinas Sosial memiliki tugas pokok terhadap anak-anak yang bermasalah sosial.

“Kita harus turun ke lapangan dengan tidak hanya berdasarkan pada data yang ada di Dinas Sosial namun kelompok anak-anak jalanan ini juga merupakan bagian dari tanggung jawab kita sehingga Pemerintah wajib memenuhi hak mereka,” urai Betty saat dikonfirmasi, sebelum Pelantikan Forum Anak Tingkat Distrik Melalui Kegiatan Penguatan Kelembagaan Pengharusutamaan Gender dan Anak di Kota Jayapura, Jumat (26/8).

Pendataan terhadap mereka sangat penting dan apabila ada orang tuanya maka bisa segera dikembalikan.

“Atau anak ini, kita bisa hadirkan di gereja atau masjid untuk turut bertanggung jawab dalam pembinaan mental,” lanjutnya.

Betty pun menegaskan, Pemerintah tidak akan lepas tangan karena anak-anak jalanan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab negara untuk memenuhi hak-haknya.

“Lewat Pokja Pengarusutamaan Gender Kota Jayapura inilah sebagai forum bersama untuk duduk dan kumpul bicara untuk bagaimana melihat kepentingan anak seperti hak untuk menikmati pendidikan seperti anak-anak lain,” tegasnya.

Ditambahkan, bagian dari forum ini dibentuk untuk melakukan pendataan.

“Dan data itu yang akan dimasukkan kepada Pemerintah sebagai tindak lanjut lewat Pokja Pengarusutamaan Gender Pokja Tingkat Kota Jayapura,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga